Jenasah Satu Keluargaa Tiba di Rumah Duka, Clinton : Perusahaan Berikan Rp 10 Juta ke Setiap Korban Kecelakaan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Masing-masing korban kecelakaan truk di Manokwari, Kabupaten Papua Barat mendapat uang duka dari perusahan tambang sebesar Rp 10 juta.

Santunan dari perusahaan yang diberikan itu sebagai wujud tanggung jawab dan turut belasungkawa kepada korban (pekerja tambang) yang meninggal dunia.

Demikan Ketua Kerukunan Flobamora Papua, Clinton Tallo kepada wartawan saat di rumah duka di kampung Halioan, Dusun Tulakadik, Desa Derok Faturene, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Kamis, (14/4/2022) malam.

Dikatakan bahwa, seluruh biaya pengiriman jenazah dan biaya perjalanan keluarga pengantar jenazah korban kecelakaan dari Papua sampai ke NTT dibiayai pihak perusahan.

“Dari sana charter pesawat lion air bersama pengurus kerukunan Flombamora, keluarga berduka dan jenazah semuanya ditanggung perusahan,” terang Clinton.

Diutarakan, pihak perusahan juga menitip uang makan minum dan pemakaman kepada setiap korban kecelakaan masing-masing senilai Rp 10 juta.

“Beliau (Perusahan-Red) menitip sedikit uang duka yang bisa digunakan untuk makan minum dan proses pemakaman korban. Tapi itu belum selesai,” ungkap Clinton.

Lanjut dia, saat kembali ke Manokwari, dirinya selaku ketua umum dan bersama pengurus akan bertemu kembali pihak perusahan untuk tindak lanjuti apa yang menjadi hak dari keluarga korban.

“Saya sebagai Ketua Umum bertanggung jawab penuh dengan pengurus untuk pendekatan dengan perusahan. Kira-kira sejauh mana warga kami yang selama ini bekerja di tempat itu, kira-kira ada pesangon atau apa lagi yang perlu kami bicarakan,” ujar dia.

Atas nama keluarga Flobamora Papua, dia menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya warga Flobamora dalam kecelakaan maut di Manokwari, Papua Barat.

Dia mengharapkan doa dan dukungan orang tua dan keluarga korban di Belu untuk kelancaran urusan selanjutnya antara pengurus Flobamora dengan perusahan. Tindak lanjut mengenai hal ini akan mereka lakukan setelah kembali ke Manokwari.

“Apapun hasil dari pembicaraan dengan perusahan nanti akan disampaikan kepada tungku atau ketua ikatan Belu yang ada di Manokwari,” ucap Clinton.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi NTT, DPRD NTT, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang menjemput rombongan pengantar jenazah saat tiba di Kupang.

“Terima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang mana wakil Bupati, Sekda dan forkopimda Kabupaten Belu telah menjemput dan melakukan penyerahan jenazah secara simbolis di Nurobo”, ucapnya.

Sementara itu Yohanes Atok kerabat keluarga korban menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat, Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Belu, Kapolres Belu, pengurus kerukunan Flobamora di Papua dan perusahan yang telah membantu menghantarkan jenazah para korban sampai di rumah duka.

Dia bersama kelurga besar korban berharap tanggungjawab perusahan terhadap para korban kecelakaan di Manokwari bisa ditindaklanjuti. Dia menyampaikan terima kasih kepada perusahan atas santunan yang diberikan ke setiap korban.