82 ASN Kota Kupang Diambil Sampel Darahnya Untuk Test HIV&AIDS

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kesehatan Kota Kupang bekerja sama dengan Yayasan Tanpa Batas (YTB) dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang telah menyelenggaran sero-survey dalam rangka menjangkau kelompok yang rentan terhadap penularan HIV & AIDS di Kota Kupang. Dan dari hasil survey yang dilakukan, sebanyak 82 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Kupang telah diambil sampel darahnya.

Demikian dikatakan, Kepala Bidang (Kabid) Penaggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih kepada wartawan di rungkerjanya, Rabu (03/5/2017).

Dikatakan, sero survey mulai dilakukan kemarin (2/5/2017) di beberapa dinas dilingkup pemerintah Kota Kupang, dan antusias ASN yang ingin diambil sampel darahnya, melebihi dari target yang dicanangkan.

Baca : ASN Pengidap HIV&AIDS Cukup Tinggi, Dinkes Kota Kupang Lakukan Sero-survey

“Kami hanya menargetkan 50 orang untuk pengambilan sampel darahnya, tetapi ASN yang mau diambil darahnya berjumlah 82 orang,” kata Sri.

Dikatakan, sero-survey yang dilakukan oleh dinkes di lingkup pemerintah Kota Kupang, karena berdasarkan data direkap sejak tahun 2000 hingga tahun 2016, ada sebanyak 1015 penderita HIV&AIDS di Kota Kupang, dari jumlah sebanyak itu, 11 persen penderita merupakan ASN yang berada di Kota Kupang.

Dengan jumlah sebanyak itu, lanjut Sri, ASN termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap penyebaran HIV&AIDS di Kota Kupang, sehingga dinas kesehatan merasa perlu melakukan pendeteksian penyebaran HIV&AIDS terhadap kelompok yang rentan terhadap penyebaran HIV&AIDS di Kota Kupang.