ASN Pengidap HIV&AIDS Cukup Tinggi, Dinkes Kota Kupang Lakukan Sero-survey

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menyusul tingginya penderita HIV & AIDS di Kota Kupang, yang jumlahnya sudah mencapai 1015 orang terhitung Desember 2016, Dinas Kesehatan Kota Kupang, bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Klinik VCT, dan Puskesmas, akan melakukan sero-survey di Lingkup pemerintah Kota Kupang. Sero-survey ini dilakukan, karena berdasarkan data jumlah penderita HIV & AIDS di Kota Kupang, 11 persen dari 1015 penderita yang terdata, adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Memang tidak dirincikan bahwa 11 persen yang sudah mengidap HIV & AIDS merupakan PNS lingkup pemkot Kupang, tetapi kegiatan focusnya di lingkup pemkot Kupang.” Kata Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Penanggulangan Penyakit (PPP) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih kepada wartawan di ruangkerjanya, Kamis (27/4/2017).

Sri mengatakan, metode sero-survey yang akan dilakukan adalah mengambil sampel darah dari ASN di lingkup pemkot Kupang, namun pengambilan sampel darah tidak melalui pemaksaan, tetapi lebih pada kerelaan dari para ASN.

Baca : BPOM Ajak Masyarakat NTT Sadar Pangan Aman

“Jadi para ASN tidak wajib mengikuti metode pengambilan sampel darah. Semua tergantung kerelaan dari yang bersangkutan. Kalau mau diambil darahnya ya silahkan, kalau tidak mau
juga tidak masalah,” kata Sri.

Menurutnya, sero-survey mulai dilakukan Jumat (28/12/2017), dan pihaknya sudah menghubungi Bagian Humas dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Komoinfo) untuk memberikan informasi kepada seluruh ASN yang ingin mengikuti sero-survey.

Dikatakan, sero-survey merupakan bagian dari langkah antisipasi yang disiapkan dinkes kesehatan Kota Kupang untuk menekan penyebaran Virus HIV di Kota Kupang, apalagi diketahui bersama bahwa fenomena penyebaran HIV & AID diibaratkan seperti gunung es, yang nampak kecil dipermukaan tetapi besar dibagian dalamnya.