Dispendukcapil Manggarai Pesimis Perekeman e-KTP Sesuai Target

Bagikan Artikel ini

Laporan Marten Don
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Manggarai kini tengah sibuk mengejar target penuntasan perekaman e-KTP (KTP elektronik) bagi penduduknya yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) hingga 30 September 2016, sesuai surat edaran Kemendagri Nomor 471/1768/SJ.

Kadispendukcapil, Kanja Antonius, Selasa (6/9/2016) siang kepada NTTOnlinenow.com mengaku pesimis dengan target nasional tersebut, sebab sejumlah kendala masih ditemukan pihaknya di lapangan, diantaranya yaitu, jaringan internet yang selalu mengalami gangguan, minimnya tenaga operator perekaman, jumlah alat perekam yang terbatas, ditambah lagi dengan tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman yang terbilang masih sangat kurang.

Selain itu masih banyaknya masyarakat Manggarai yang kini masih berdomisili diluar kabupaten yang belum memiliki e-KTP, namun mereka masih terdata sebagai penduduk kabupaten Manggarai.

Sedangkan terkait berapa total penduduk Manggarai yang telah mengurus e-KTP, dirinya mengaku belum bisa memberitahukannya karena terkait dengan kode etik pemerintahan. Bahwa hal itu baru bisa dilakukannya jika ada perintah Bupati Manggarai.

Kanja, hanya bisa menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya tengah fokus melayani perekaman di kantor juga terus gencar melakukan perekaman mobile keliling kecamatan hingga ke desa-desa.

Bagi masyarakat Manggarai yang belum memiliki e-KTP, Ia meminta, agar segera mengurusnya. Sedangkan bagi mereka yang berdomisili diluar daerah dan belum memiliki e-KTP agar segera mengurus surat keterangan pindah penduduk di desa atau kelurahan.

Kepada pemerintah desa dan kelurahan diminta kerjasamanya yang baik dengan membantu megeluarkan surat keterangan pindah penduduk bagi warganya yang berdomisili diluar daerah tanpa melalui prosedur yang rumit.