Krisis Air Bersih Melanda Warga Waingapu

Bagikan Artikel ini

Laporan Muhammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Krisis air bersih yang melanda wilayah perkotaan dan sejumlah desa di kabupaten Sumba Timur menjadi perhatian serius bagi warga yang mengalami kesulitan air bersih, jika dilihat dalam wilayah perkotaan sumber air tidak menentu, hampir sebagian warga kota menggali sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air.

Data yang diterima NTTOnlinenow dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Senin (23/10/2017) menjelaskan, krisis air bersih yang melanda Sumba Timur ada 7 kecamatan dan 12 desa termasuk kecamatan kota Waingapu.

Menurut BPBD Sumba Timur, 7 kecamatan diantaranya yakni, kecamatan kota Waingapu, Kanatang, Pandawai, Nggoa, Kambatamapabuhang, Haharu dan Kambera (Padadita), sedangkan 12 desa itu yakni, desa Pambotanjara, Ndata, Lendeha, Praihambuli, Tanatuku, Prai karang, Ngarukanoru, Lukuwingir, Mbatapuhu, Napu, Wunga, Matawai Pandangu (desa persiapan).

Baca juga : Kekeringan juga Mengancam Peternakan di Sumba Timur

Kepala seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumba Timur Simon Petrus menuturkan, krisis air bersih yang melanda wilayah tersebut merupakan wilayah kesulitan air bersih seperti dalam wilayah perkotaan warga sudah sulit mendapatkan air bersih.

“Jika dilihat di wilayah pedesaan warga dituntut untuk mengambil air bersih dengan jarak 5 kilometer bahkan ada yang jauh sekitar 7 sampai 8 kilometer untuk memenuhi air bersih namun upaya ini kami terus lakukan agar kebutuhan air bersih dapat terpenuhi,”katanya.