Paban II/Puanter Sterad Berikan Pengarahan Kepada Para Danramil dan Babinsa

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Babinsa adalah Garda depan NKRI ujung tombak TNI AD, oleh karena itu bagi kalian yang menjabat sebagai Babinsa harus berbangga hati, bahkan negara Amerika pun sampai mengakui kehebatan TNI AD melalui pembinaan teritorial yang dilakukan oleh para Babinsa.

Hal tersebut disampaikan Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf Jaelan saat memberikan pengarahan kepada Danramil dan Babinsa di Aula Darma Andika, Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL, Selasa (10/10/2023).

Dikatakan, tugas Babinsa TNI AD adalah menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. Pada masa damai membantu Pemda untuk kesejahteraan rakyat, seperti TMMD yang dilaksanakan saat sekarang ini berupa pembukaan jalan yang menghubungkan antar desa yang mana pada masa perang dapat digunakan untuk jalur logistik.

“Oleh karena itu Babinsa harus dapat memanfaatkan potensi wilayahnya melalui pembinaan teritorial untuk kesejahteraan masyarakat dan selalu bersinergi dengan Pemerintah Desa, Polri dan segenap komponen masyarakat,” ujar Jaelan.

Dia juga menginstruksikan kepada para Danramil dan Babinsa agar menghargai dan menghormati setiap kearifan lokal yang ada di wilayah binaan dan harus berperan aktif untuk tetap melestarikannya.

“Dukunglah kearifan lokal tersebut karena itu merupakan senjata bagi para Babinsa untuk mengenal lebih dekat lagi masyarakatnya dengan segala kebudayaan yang ada melalui pembinaan teritorial,” pinta dia.

Selain itu, memasuki tahun politik pemilu 2024 dan pilkada, Paban II/Puanter Sterad itu menegaskan sebagai prajurit TNI harus dan wajib untuk bersikap netral. Namun tidak terlepas dari itu Babinsa memiliki peran penting untuk mencegah segala macam bentuk kerawanan yang dapat memicu terjadinya konflik baik itu kerawanan di bidang ekonomi maupun sosial budaya.

Sebelum akhiri arahan, Jaelan menyampaikan TNI menempati posisi teratas berdasarkan hasil survey tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI, hal ini karena kerja keras daripada rekan-rekan Babinsa di wilayah, oleh karena itu pertahankan dan bekerjalah dengan ikhlas.

“Babinsa adalah yang terbaik dan terhebat, pahlawan super hero itu hanya ada di dunia film tapi di dunia nyata yang paling hebat adalah Babinsa,” tandas dia.