Besok Pemkot Kupang Luncurkan Gerakan Kupang Hijau

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Bertempat di arena Car Free Day (CFD) jalan Eltari Kupang, Pemerintah akan menggelar kampanye Gerakan Kupang Hijau. Gerakan tersebut akan berlangsung besok, Sabtu 15 November, yang diperkirakan akan dihadiri ribuan orang.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dalam Jumpa Pers yang berlangsung di Ruang Garuda, Balai Kota Kupang, Jumat 14 November 2019 mengatakan, program Kupang hijau ada tiga komponen penting, yang akan dikampanyekan, yaitu tanam pohon, tanam air, dan bersihkan sampah plastik.

“Ada tiga komponen penting yang akan dikampanyekan, dalam gerakan Kupang hijau,” kata Wali Kota.

Untuk Gerakan Tanam Pohon, Pemerintah Kota Kupang, mewajibkan setiap kepala Keluarga, minimal menanam satu pohon. Sementara untuk Aparatur Sipil Negara, atau ASN juga diwajibkan menanam tambah satu Pohon.

“Jadi misalnya kepala keluarga merupakan ASN lingkup pemerintah Kota Kupang, maka rumah tangga itu harus menanam dua pohon,” kata Wali Kota

Selain itu, Pemerintah Kota Kupang juga mewajibkan setiap rumah tangga di Kota Kupang, wajib menyiapkan sumur resapan air. Maksud dari penyiapan sumur resapan, agar ketersediaan air tanah tetap terjaga.

” Ketersediaan air tanah kita semakin menipis. Untuk itu dibutuhkan sumur resapan, agar ketersediaan air tanah tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Sementara untuk sampah Plastik, Wali Kota Kupang menghimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik, seperti dari kemasan air mineral, maupun plastik yang digunakan sebagai kantong saat berbelanja. Wali Kota juga mengaku pemerintah Kupang juga telah membuat Peraturan Wali Kota Kupang, tentang pemanfaatan plastik di Kota Kupang.
Wali Kota mengaku, dengan gerakan Kupang Hijau, sangat diharapkan Kota Kupang semakin hijau dan bersih

Wali Kota Kupang menambahkan, dalam Peluncuran Gerakan Kupang Hijau, Pemerintah Kota Kupang akan mengundang Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, maupun Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, atau Forkopimda, dan siswa sekolah, dan Seluruh Aparatur Sipil Negara, atau ASN Lingkup Pemerintah Kota Kupang.

Wali Kota mengaku, untuk tokoh agama, pemerintah Kota Kupang telah mengeluarkan undangan untuk Ketua Sinode GMIT, Ketua Majelis Ulama Indonesia, atau MUI NTT, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia, atau PHDI,dan Uskup Agung. Sementara untuk ASN Lingkup Pemerintah Kota Kupang diperkirakan sekitar tiga ribu orang yang hadir, ditambah dengan siswa sekolah, sehingga diperkirakan sekitar 5 ribu orang yang akan hadir.

Menurutnya, dalam kegiatan besok, akan dilakukan penanaman pohon sebanyak 3000 pohon, namun dalam kegiatan besok, baru akan dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Kupang. Selain itu, akan ada juga peluncuran mobil penyapu jalan yang siap dioperasikan untuk membersihkan Kota Kupang.

” Untuk penanaman pohon, kita tidak akan menanam anakan, tapi kita akan menanam pohon yang tingginya berkisar satu sampai tiga meter. Saat ini pemkot telah sediakan sebanyak 3000 pohon,” katanya. ntt-2