Pemerintah Belu Akan Uji Coba Teknologi Pertanian Modern

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam waktu tidak lama, Pemerintah Kabupaten Belu akan melakukan ujicoba sistem teknologi pertanian lahan kering dan lahan basah yang ada di perbatasan Belu.

Ujicoba sistem teknologi pertanian modern pada lahan tersebut guna meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian warga di wilayah Belu Timor Barat perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Demikian Bupati Belu, Willybrodus Lay ketika dihubungi media, Rabu (11/7/2018).

Dijelaskan bahwa, sistem teknologi pertanian modern harus diterapkan sehingga meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian yang dapat menguntungkan para petani.

Guna mewujudkan kesejahteraan warga petani, maka Pemerintah terlebih dahulu akan melakukan uji coba dengan menerapkan teknologi pertanian yang modern.

“Kita akan lakukan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, pemupukan, panen dan pasca panen dan hal lainnya,” ujar Lay.

Adapun dalam uji coba pertama yang akan dilakukan yakni, menerapkan teknologi pertanian untuk tanaman hortikultura. Sehingga ke depannya sistem penanaman komoditi seperti jagung bisa ditanam tiga kali dalam setahun.

“Lahan uji coba yang disiapkan seluas 10 hektare milik Keuskupan Atambua di Nenuk. Sementara kita desain, dan harapan kita lewat gereja bisa disampaikan juga ke umat tentang sistem teknologi ini,” kata dia.

Lanjut Lay, selain uji coba pertanian lahan kering, akan dilakukan juga uji coba teknologi pertanian lahan basah di daerah yang memiliki sumber air berlimpah. Selama ini petani sawah dan juga petani lahan kering hanya bisa menanam dua kali dalam setahun.

“Selama ini petani sawah hanya bisa tanam dua kali dalam setahun. Tapi kalau diterapkan teknologi ini bisa tanam tiga kali dalam setahun,” sebut dia.

Tambah Lay, dengan adanya penerapan sistem teknologi pertanian bisa menyerap tenaga kerja muda yang berpendidikan tinggi khususnya di wilayah Belu yang mempunyai keahlian dibidang pertanian maupun perkebunan.