Ari Wijana: Tiga RS Di Kota Kupang Belum Mempunyai Incinerator

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Dr.Ary Wijana mengatakan, tiga Rumah Sakit di Kota Kupang, Yaitu, Rumah Sakit Leona. Rumah Sakit Dedari, dan Siloam tidak memilik incinerator, atau alat pengolah sampah. Untuk itu sangat diharapkan ketiga rumah sakit tersebut dapat bekerjasama dengan pihak lain, agar masalah sampah medis bisa teratasi.

“Dari 12 Rumah sakit yang berada di Kota Kupang, hanya tiga rumah sakit yang saya sebutkan tadi tidak memiliki incenarator, sehingga mereka harus memikirkan untuk bekerja sama dengan dengan rumah sakit yang memiliki incenarator, agar tidak mengganggu kesehatan masyarakat” kata Ari Wijana kepada wartawan.

Menurutnya, meskipun ketiga RS tersebut tidak mempunyai Incinerator sangat diharapakan ketiga RS tersebut harus mempunyai, tempat penampungan sampah medis, agar sampah tersebut tidak tercecer.

Baca juga : Sampah Medis Jadi Perhatian DPRD

Ari mengaku, meskipun sebagian besar rumah sakit di Kota Kupang, sudah mempunyai incinerator, tapi rata-rata belum ijin pemusnahan sampah medis terutama limbah padat, sehingga, masih butuh pihak ketiga untuk pemusnahan sampah medis.

“Khusus untuk alat pemusnahan sampah medis, baru rumah sakit Baromeus yang sementara menyiapkannya, paling lambat pekan depan sudah dilakukan uji emisi, dan kalau uji emisi berhasil, dan tidak menggangu lingkungan sekitar, maka dipastikan baru rumah sakit Baromeus yang mempunyai ijin pemusnahan samapah medis, dan semua RS di Kota Kupang bisa bekerjasama dengan RS baromeus,” Kata Ary.