DPRD Beri Penghargaan Kepada Pemkot Atas Pengukuhan Formapes

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Inisiatif Pemerintah mengukuhkan Forum Masyarakat Peduli Sungai (Formapes) Dendeng, mendapat apresiasi dari DPRD Kota Kupang. Apresiasi itu diberikan karena pemerintah punya kepedulian untuk menyelamatkan Sungai Dendeng dari pencemaran yang sudah masuk dalam kategori mengkhawatirkan.

Demikian dikatakan, Anggota DPRD Kota Kupang, Jerry Anton Pingak kepada NTTOnlinenow.com di Gedung DPRD Kota Kupang, Selasa (18/10/2016).

Pingak mengatakan, sebagai DPRD dan Warga Nunleu, dirinya sangat berterimakasih kepada pemerintah atas pengukuhan Formapes, karena dirinya melihat Sungai Dendeng sudah harus diperhatikan secara serius karena tingkat pencemaran yang sudah masuk dalam kategori serius. Padahal sungai Dendeng merupakan salah satu sumber air vital untuk kebutuhan masyarakat Kota Kupang, yang sudah dimanfaatkan oleh PDAM Kota Kupang untuk melayani warga Kota Kupang.

Baca : Deklarasi Konfrensi Perempuan Timor Bangun Solidaritas Dalam Mengakhiri Pemiskinan Perempuan

Menurutnya, Forum yang sudah dikukuhkan, terdiri dari tokoh masyarakat, dari beberapa kelurahan sepanjang sungai Dendeng melintas, harus bekerja sebaik mungkin dalam menjalankan fungsinya. Para tokoh masyarakat juga harus aktif meminta masyarakat sekitarnya, untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah, buang hajat di aliran sungai, sehingga kondisi air tetap terjaga dan tidak tercemar.

Dikatakan, menjaga kelestarian sungai Dendeng bukan untuk kepentingan saat ini saja, tetapi juga untuk kepentingan anak-cucu kita mendatang, karena sumber air baku di Kota Kupang sangat terbatas, dan sumber-sumber yang ada saat ini harus dijaga demi kelestariannya untuk generasi ke Generasi yang akan datang.

Sementara menyangkut Kelesatarian Sungai Dendeng, Walikota Kupang Jonas Salean, mengaku akan menghimbau kepada warga yang tinggal pada bantaran sungai Dendeng agar tidak membuang sampah Kesungai. Walikota juga berencana akan membuatsemacam himbauan kepada masyarakat yang tinggal dibantaran sungai Dendeng, khususnya yang berada di Kelurahan Air Mata dan Fontein, agar kalau bisa mereka merubah posisi rumah mereka dari konstruksi lama yang membelakangi Sungai, dibalik menjadi menghadap posisiny ke sungai, hal itu untuk menghindari pembuangan limbah ke sungai

“Kalau rumah menghadap sungai ke lebih baik. Apalagi kalau sungainya bersih, kita akan disuguhkan pemandangan yang menarik, gemercik air akan kita lihat. Kalau ada ikannya maka akan tambah menarik, ditambah rerimbunan pohon akan semakin menyejukan suasana,” Kata Walikota.

Sebelumnya, Pada Sabtu (15/10/2016), Walikota Kupang mengukuhkan pengurus Formapes, yang berlangsung di Hotel Bella Vista. Pengurus Formapes yang dilantik merupakan gabungan tokoh masyarakat, maupun tokoh pemuda yang berdomisili disepanjang bantaran sungai dendeng, yang meliputi beberapa kelurahan.