Babinsa Silawan Bersama Warga Jumat Bersih Sekaligus Menanam Anggur

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Babinsa Silawan Koramil 1605-07/Wedomu, Serka Duarte dos Santos selaku Ketua Dewan Stasi bersama warga (umat) Seroja, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL kerja bakti, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan meliputi pembersihan lingkungan seperti kotoran daun, rumput (memangkas) dan sampah plastik serta budidaya tanaman anggur dengan menanam sejumlah anakan pohon anggur di sekitar lokasi stasi Geraja St. Michael Seroja, Desa Silawan.

Adapun penanaman pohon anggur dilakukan Babinsa Duarte bersama Pastor Paroki Atapupu Romo Yoris Samuel Giri Pr, Kasubsektor Mota’ain, Danpos Brimob Motaain, pejabat mewakili Plh BNPP Mota’ain dan Danpos Satgas Damar 2 Yonif Raider 142/KJ yang turut hadir dalam kerja bakti.

Serka Duarte dos Santos menuturkan, kegiatan pengembangan budidaya tanaman anggur merupakan Program kerja Keuskupan Atambua 2020 dan juga didukung oleh Pemda Belu dalam hal pengembangan budidaya tanaman anggur di wilayah Belu.

“Khususnya wilayah Paroki Stella Maris Atapupu dan sekalian menjadi Paroki percontohan anggur,” kata Duarte.

Melalui program itu jelas dia, saat ini sudah mulai bekerja dengan cara pembibitan yang telah terpusat di paroki Atapupu sebanyak 1000 pohon anakan anggur. Ada dua jenis bibit anggur yang telah disiapkan yakni, anggur hitam dan anggur hijau, yang nantinya akan dibagikan pada masyarakat.

Selain menanam di Stasi St.Michael Seroja, kegiatan serupa penanaman ini akan berlangsung terus menerus di tiap Stasi atau kapela separoki Atapupu serta bekerja sama antara pihak gereja dan pemerintah dalam hal ini para kepala Desa se-Kecamatan Kakulul Mesak di wilayah Paroki Atapupu.

“Sehingga bisa mendapatkan anakan anggur dari paroki untuk dibagikan kepada masyarakat setempat untuk ditanam,” ujar Duarte.

Sementara itu Pastor Paroki Atapupu Romo Yoris mengatakan, semoga dengan kegiatan hari ini bisa memotivasi umat atau masyarakat setempat sehingga sampai dgn berhsl bisa membantu ekonomi umat (masyarakat).

Dikatakan, kegiatan pengembangan budidaya tanaman terus menerus dikembangkan sehingga kedepan wilayah paroki Atapupu dan Desa Silawan Kecamatan Tastim menjadi Desa anggur khususnya, dan pada umum paroki Atapupu menjadi Paroki Anggur.