Koramil 02 Gandeng Dinas Teknis dan Warga Bersihkan Sampah di Pantai Atapupu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Jajaran Koramil 1605-02/Atapupu bersama instansi Pemkab Belu seperti Dinas Lingkungan Hidup, Puskesmas Atapupu serta warga dampingan Babinsa di Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu melaksanakan karya bhakti di sepanjang pesisir pantai Atapupu, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan Jumat bersih bentuk peduli lingkungan pantai dihadiri Danramil 02 Atapupu beserta seluruh Babinsa, staf dan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Belu, staf Puskesmas Atapupu serta warga dalam wilayah Kecamatan setempat.

Kegiatan Jumat bersih memungut sampah plastik dan jenis sampah lainnya dilakukan di sepanjang pesisir pantai Atapupu mulai dari lokasi wisata Pasir putih sampai hingga Teluk Gurita (lokasi wisata rohani).

Menurut Danramil 02 Atapupu, Kapten Czi Manuel Fernandes bahwa, kegiatan karya bhakti Jumat bersih guna menciptakan kondisi yang aman dan nyaman dimana bentuk peduli lingkungan pantai, apalagi Kecamatan Kakuluk Mesak adalah tempat parawisata karena terletak di pinggir pantai.

“Ada aset negara yang harus di lestarikan lewat budaya bersih, dan kegiatan hari ini juga sekaligus peringatan hari sampah sedunia. TNI bersama warga luangkan waktu untuk bersihkan sampah plastik di sepanjang pesisir pantai,” ujar dia.

Akui dia, masih terdapat banyak warga masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan. Buktinya masih banyak sampah berserakan di pinggir pantai yang dibuang oknum tidak bertanggungjawab.

“Aksi bersih-bersih sampah tidak saja dilakukan hari ini, tapi akan terus dilakukan bersama warga. Dengan kegiatan ini, bisa juga menyadarkan warga untuk peduli kebersihan lingkungan yakni membuang sampah pada tempatnya,” kata Manuel.

Sementara itu, Camat Kakuluk Mesak dan Amandus Linci menuturkan, kegiatan kerja bakti Jumat bersih melibatkan masyarakat dari desa yakni Desa Dualaus, Kenebibi dan Jenilu serta elemen terkait tingkat kecamatan.

“Kami merasa sangat terbantu dengan keterlibatan Danramil yang begitu semangat dan gigih memperjuangkan kebersihan pantai terutama memerangi sampah plastik,” ujar dia.

Mudah-mudahan lanjut dia, kerjasaman yang terjalin baik ini tetap berlanjut demi menciptakan lingkungan pesisir pantai yang bersih, indah agar dapat menarik para wisatawan baik wisatawan domistik maupun manca negara ke pantai Atapupu.