Disnakertrans Belu Koordinasi Siapkan Kepulangan PMI

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Belu melakukan koordinasi dengan instansi terkait soal kesiapan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke daerah Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Kepala Dinas Nakertrans Belu, Laurentius Nahak kepada awak media usai kegiatan di DPRD Belu, Rabu (27/5/2020) siang.

Dijelaskan bahwa, terkait kepulangan PMI atau TKI asal Belu dari Malaysia setelah dilakukan konfirmasi dengan pihak Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang.

“Setelah saya klarifikasi dengan BP3TKI, itu kemungkinan empat orang angka pastinya belum tahu, dan mereka dari Malaysia,” terang dia.

Dituturkan bahwa, sebelum kembali ke daerah pangkalan awal mereka karantina di Tanjung Pinang selama 14 hari, setelah itu dari Tanjung Pinang menuju ke Kupang.

“Sekarang PMI sudah tiba di Kupang. Tadi pagi saya masih konfirmasi dengan BP3TKI bahwa dari PMI bahwa dari Belu belum datang,” ujar Nahak.

Namun, lanjut dia langkah selanjutnya guna persiapan di Kabupaten Belu pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kalau mereka datang, nama-nama itu di desa mana, dusun mana saya akan sampaikan ke Ibu Kadis untuk mereka dalam OD sesuatu kategori. Tapi untuk informasi nama warga di dusun mana, desa mana bukan keluar dari saya, tapi itu dari gugus tugas,” akhir Nahak.