Jalin Keakraban, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Kunjungi Keluarga Asuh di desa Perbatasan

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Jalin kebersamaan dan keharmonisan dengan Keluarga (Orang Tua Angkat), anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS kunjungi Keluarga Asuh yang ada di perbatasan Indonesia dan Timor Leste tepatnya di desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Rabu (04/12/2019).

Terpisah, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Letkol Inf Wisyudha Utama menyampaikan, Keluarga Asuh (Orang Tua Angkat) adalah salah satu program kita Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, untuk setiap prajurit yang ada di seluruh jajaran Pos Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS di wilayah binaanya khususnya di wilayah sektor barat, masing-masing harus memiliki Keluarga Asuh (Orang Tua Angkat) di perbatasan. “Bagi warga mendapat kepercayaan menjadi Keluarga Asuh (Orang Tua Angkat) merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan yang tak akan terlupakan, selain mendapatkan langsung anak angkat, juga mendapatkan pengalaman berharga bisa mengenal lebih dekat dengan seorang Tentara Nasional Indonesia. Dimana tadinya rumah sunyi sepi, sekarang ramai dan selalu bersukaria dan bercengkerama dan warga pun mengerti apa dan fungsi tugas tentara”, jelas Wisyudha.

Salah satu orang tua asuh, Ibu Laurina Konian (60) terlihat sangat senang saat bercanda ria bersama anak angkatnya. Ia sangat berterima kasih kepada para anggota TNI yang mau berkunjung kerumahnya dan membantunya dalam pekerjaan rumah. “Kami sangat senang dengan kehadiran bapak TNI disini, apalagi bapak TNI selama berkunjung dirumah kami sangat baik dan ramah.” ucapnya.

Kebersamaan dan keakraban TNI yang terlihat dengan masyarakat, termasuk keluarga asuh masing – masing anggota TNI tidak sebatas mengobrol bersama. Mereka juga melihat pekerjaan di rumah sebagai bagian dari tanggungjawab mereka.

“Setiap harinya anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS secara bergantian melaksanakan kunjungan ke rumah orang tua angkat untuk melihat kondisi keluarga angkat masing masing. Di saat berkunjung kerumah orang tua angkat tidak hanya duduk dan mengobrol saja, anggota Satgas juga ikut membantu memasak, membantu memperbaiki rumah di saat rumah orang tua angkat mereka mengalami kerusakan bahkan berbagi makanan. Anggota membawa makanan dari Pos dan makan bersama dengan Keluarga Asuh,” lanjut Wisyudha.