Keselamatan Pemain dan Perangkat Pertandingan Terancam

Bagikan Artikel ini

Frans Watu – Mantan Pemain PSK & Galatama
Catatan Pojok El Tari Memorial Cup Malaka
NTTOnlinenow.com – Turnamen sepak bola Liga 3 PSSI zona NTT bertajuk El Tari Memorial Cup (ETMC) akhirnya menyelesaikan keseluruhan babak 8 besar (20/7/2019). Babak 8 besar ditandai dengan berakhirnya dua partai terakhir antara PERSAB Belu vs PERSADA Sumba Barat Daya dan PERSAMBA Manggarai Barat vs PERSEFTIM Flores Timur.

Persada sukses mengalahkan Persab 2-0. Sedangkan Persamba mengandaskan perlawanan Perseftim dengan skor 1-0.
Empat tim yang berhasil melaju ke empat besar, yaitu PERSEMAL Malaka, PERSE Ende, PERSADA Sumba Barat Daya dan PERSAMBA Manggarai Barat.

Dalam catatan pojok ETMC kemarin saya sudah memberikan signal bagi penyelenggara dan perangkat pertandingan (Pengawas Pertandingan). Daya tampung tribune lapangan Betun dan melubernya penononton membuat petugas keamanan tidak mampu memberikan jaminan keselamatan bagi pemain dan perangkat pertandingan. Keselamatan pemain dan perangkat pertandingan terancam.

Kehadiran suporter Persab yang merupakan “saudara tua Malaka”, membuat tribune lapangan Betun penuh sesak. Tampak penonton menyaksikan pertandingan hingga mendekati garis pembatas lapangan. Hal ini diperparah dengan kelebihan kuota pada banch pemain. Situasi ini bisa terlihat saat terjadi gol, official dan pemain cadangan bahkan penonton melampiaskan kegembiraannya hingga ke dalam lapangan.

Insiden akhirnya terjadi, menjelang pertandingan usai antara Persab vs Persada, pendukung Persab melampiaskan kekesalannya karena hingga menit ke 88 tim kesayangannya tidak mampu membalas 2 gol yang sudah disarangkan Persada ke gawang Persab. Situasi tertolong dengan kepemimpinan wasit dan dewasanya official ke dua tim.

Bisa dibayangkan jika terjadi tackling keras antar pemain dan wasit salah memberikan keputusan, keributan antar pemain tidak bisa terhindarkan, penonton akan menyerbu lapangan dan terjadilah tawuran antar pemain dan penonton. Persab merasa bermain di home basenya karena Kabupaten Malaka merupakan pemekaran dari Kabupaten Belu. Dengan jarak yang relative dekat tidak heran supporter Persab tumpah ruah mendukung tim kesayangannya.

Tampak Bupati Malaka sebagai penanggung jawab ETMC berusaha memberikan himbauan lewan pengeras suara dan petugas keamanan menghardik penonton yang sudah mengganggu jalannya pertandingan. Pertandingan sempat diberhentikan sekitar 10 menit sambil menunggu situasi yang kondusif.

Tim official Persab telah memberikan pelaran bagi peserta ETMC, dengan tidak melanjutkan sisa waktu pertandingan sekitar 5 menit. Dalam regulasi jika situasi seperti ini, wasit dapat mengakhiri pertandingan dengan pertimbangan sisa waktu dan kondisi lapangan. Persab sadar jika dilanjutkan tidak mungkin bisa mengejar ketinggalan 2 gol. Kalau ada trophy bagi tim fair play saya kira Persab patut menerima gelar ini.

Pertandingan antara Persab vs Persada berimbang karena kedua tim saling menekan dengan bola-bola pendek yang sesekali dikombinasikan dengan umpan panjang ke daerah pertahanan lawan. Kristo Saga membuat ribuan suporter Persab terdiam dengan golnya di menit ke-25. Memanfaatkan umpan dari lapangan tengah, bomber sandalwood ini memperdaya penjaga gawang tim dari tapal batas Timor Leste Persab Belu. Penampilan Kristo sepanjang pertandingan kerap merepotkan lini pertahanan Persab. Gerakannya sederhana, punya kecepatan, punya naluri eksekutor sebagai penyerang dan mampu membuka ruang bagi rekan-rekannya.

Persab coba mengejar ketinggalannya di babak ke dua. Namun petaka bagi Persab di menit ke 84. Sebuah serangan balik yang dirancang anak-anak sandalwood berhasil menambah gol. Tendangan dari luar kotak pinalti oleh Yanto menjebol gawang Persab untuk ke dua kalinya. Skor 2-0 untuk tim Sandelwood Persada Sumba Barat Daya.

Ekson Pamungkas menjadi salah satu pemain yang menonjol ketika Persamba Manggarai Barat mengalahkan Perseftim Flores Timur 1-0. Bomber Persamba ini berhasil melewati pemain bertahan Persftim setelah menerima umpan dari sektor kiri pertahanan Perseftim, di masa injury time menit ke 46 pada babak pertama.

Babak Semi Final akan dilangsungkan Senin (22/7/2019) di lapangan Betun, akan mempertemukan PERSEMAL Malaka vs PERSADA Sumba Barat Daya dan PERSAMBA Manggarai Barat vs PERSE Ende.

Penulis adalah Mantan Kapten Suratin Cup NTT, PSK Kupang di ETMC 1985, Liga Mahasiswa bersama ASMI Jakarta, Liga Galatama bersama Perkesa Mataram, Lampung Putra, Arema Malang.