Ini Kata PPK, Panwascam dan Tokoh Adat Pemilu 2019 di Lamaknen dan Lamaknen Selatan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pelaksanaan Pemilu 2019 mulai dari tahapan awal hingga dengan Pleno di tingkat Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste berlangsung jujur, adil, terbuka dan demokratis.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Panwascam Kecamatan Lamaknen Selatan Vitalis Bere Mali, PPK Lamaknen, Antonius Besin PPK Lamaknen Selatan, Dominikus Bere serta Tokoh Adat Lamaknen Ignas Kali melalui Kapolsek Lamaknen, Ipda Taufan Ardiansyah saat menghubungi media, Minggu malam (5/4/2019) via telepon selulernya.

Taufan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan yang telah melaksanakan Pesta Demokrasi memilih Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dengan sukses, aman dan lancar.

“Pelaksanaan Pemilu 2019 mulai dari tahap awal hingga Pleno di Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan berlangsung jujur, adil dan terbuka. Semua ini terselengara atas kerjasama dan kekompakan warga di dua Kecamatan,” ujar dia.

Lanjut Taufan, suskesnya Pemilu di wilayah Lamaknen umumnya tidak terlepas dari peran para tokoh adat, tokoh masyarakat dalam mendukung pelaksanaan pesta demokrasi yang telah berlalu. Selain itu juga tidak terlepas dari pengawalan yang cukup ketat baik dari pihak Kepolisian Polres Belu, Polsek Lamaknen maupun TNI.

“Terima kasih juga pada pihak TNI Koramil 1605-03 Weluli. Pihak penyelenggaran mulai dari PPS dan PPK di dua Kecamatan atas kerja keras dan kekompokannya sehingga Pemilu berlangsung sukses,” kata Kapolsek dua wilayah Lamaknen dan Lamaknen Selatan itu.

Akui dia, ada beberapa kendala saat pelaksanaan Pemilu karena beberapa dusun dalam dua wilayah Polsek langsung berbatasan dengan Negara tetangga Timor Leste. Akses transportasi menuju dusun sulit dilalui, namun berkat kerjasama yang baik semua proses mulai dari tahapan awal hingga pencoblosan berjalan sukses, aman dan lancar.

“Kerja keras petugas pelaksanaan Pemilu didukung aparat keamanan serta masyarakat setempat sangat baik, sehingga pesta demokrasi di dua wilayah mulai tahap awal hingga Pleno di kedua Kantor Camat berlangsung sukses,” akhir Taufan.

Sementara itu tokoh adat Lamaknen Ignas Kali menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Lamaknen dan Lamaknen Selatan untuk selalu bersinergi dan bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam menjaga dan menciptakan keamanan dan ketertiban Pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

Menurut Loro Lamaknen itu, Pleno PPK Tingkat Kecamatan Lamaknen dan Kecamatan Lamaknen Selatan merupakan sebuah proses demokrasi yang sangat jujur, adil, transparan dan demokratis sehingga siapapun pemimpin yang terpilih Presiden dan Wakil Presiden dan Anggota Legislatif terpilih wajib kita dukung bersama karena itu pilihan kita bersama.