Kendaraan Parkir Semrawut Sebabkan Kemacetan di Pasar Baru Atambua

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kemacetan arus lalu lintas terjadi di jalur Pasar Baru Atambua, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Minggu (30/12/2018).

Sesuai pantauan media, kemacetan sepanjang jalan kurang lebih 200 meter terjadi mulai dari depan apotik K24 jalan Pramuka hingga jalur depan Bank Mandiri sejak pukul 09.00 Wita.

Kemacetan disebabkan tidak teraturnya kendaraan roda empat seperti mikrolet, minibus milik warga maupun kendaraan truck yang parkir semrawut di sepanjang jalan utama tersebut.

Nampak petugas parkir pun kewalahan mengatur kemacetan yang terjadi seperti di jalur depan Pos Polisi juga jalur toko Rajawali yang mana padat kendaraan baik motor maupun mobil yang asal parkir.

Selain tidak tertib warga yang parkirkan kendaraan pada bahu jalan, pemicu lain kemacetan disebabkan pengemudi motor ojek yang melawan arus lalu lintas masuk ke pusat perbelanjaan di kompleks pasar Tradisional Belu itu.

Seperti pada cabang toko Memori, toko bangunan Medali serta simpang 4 Cabang Biba kendaraan tidak bisa masuk melewati jalur itu menuju pertokoan sepangjang depan Pos Polisi dan pasar karena merupakan tanda larangan.

Tidak saja itu, penyebab lain terjadinya kemacetan lantaran parkiran belasan kendaraan atau mobil kijang ojek di sepanjang jalur depan toko Memori sampai dengan jalur depan Bank Mandiri.

Antrian kendaraan panjang berujung macet membuat sebagian warga pengemudi kesal lantaran tidak ada petugas instansi terkait yang membantu petugas parkir mengatur arus lalu lintas.

“Jalur ini hampir setiap hari sering macet, apalagi di hari Minggu. Pengemudi kendaraan asal parkir di jalan tanpa pedulikan lalu lintas sehingga jadi macet,” ujar salah seorang pengemudi yang enggan mau disebutkan namanya.

Diharapkan, ada ketegasan dan keseriusan dari petugas Dinas Teknis untuk mengatur mobil ojek yang parkir di jalur Pasar Baru. Selain itu juga petugas dari Polisi Lalu Lintas agar menertibkan kendaraan yang melanggar jalur atau tanda larangan di Pasar Baru.