Penyebab Kecelakaan di Sumba Timur, Belum Sadarnya Pengendara Di jalan

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Penyebab terjadinya kecelakaan di Sumba Timur disebabkan pengendara mobil maupun sepeda motor kerap melanggar lalu lintas di jalan raya meskipun aturan lalu lintas ditegakkan namun pelanggaran tetap dilakukan dengan kesalahan yang sama sehingga menimbulkan korban.

”Jika dilihat pengendara banyak berpura-pura saat mendapat sanksi tilang dari Polisi dengan alasan tidak tahu, lupa hingga membelok kendaraannya dengan kecepatan tinggi agar luput dari tilang,”kata Anselmus seorang warga kota Waingapu saat dikonfirmasi Sabtu (29/9/2018).

Menurutnya, pelanggaran yang kerap terjadi ia melihat pengendara sepeda motor yang tak memiliki lampu pada malam hari, serobot pada jalur yang dilarang tanpa memakai Helm pengaman dan melanggar tanda rambu-rambu atau marka jalan.

“Nah,, kalau saya lihat biasanya di lampu merah (Traffic Light) itu tanda berhenti tapi pengendarapun masih sempat lewat, ini sangat berbahaya,”ujar Ansel.

Sementara warga lainnya Haji Mursid mengatakan, bicara soal aturan berlalu lintas di Sumba masih sangat minim karna kesadaran pengendara dalam mengendarai kendaraan mobil maupun sepeda motor belum sadar dengan aturan lalu lintas yang telah diterapkan oleh polisi.

“Pengendara di Sumba Timur ini memang belum sadar dengan aturan lalu lintas karna dalam mengemudi kendaraan masih ada juga yang serobot sana sini di jalan, seakan tanda lampu merah juga masih lewat,”tuturnya.