Pemerintah Diminta Perbaiki Jalan Rusak Halilulik-Fatubesi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Belu menyoroti ruas jalan Halilulik-Fatubesi yang mengalami kerusakan berat.

Dalam pemandangan umum Fraksi Partai NasDem meminta kepada Pemerintah untuk segera memperbaiki ruas jalan dari Halilulik-Fatubesi sejauh 15 kilo meter.

Hal itu terungkap dalam pemandangan umum Fraksi Partai NasDem yang dibacakan Stefanus Mau, Selasa (25/7/2018) malam.

Total anggaran pengerjaan ruas jalan di Kecamatan Nanaet Duabesi, Belu, Timor Barat perbatasan RI dan Timor Leste senilai Rp.34.209.090.000 dengan tanggal kontrak 16 Juni 2017.

Waktu pelaksanaan ruas jalan 170 hari kalender di waktu Pemerintah 180 hari kalender. Namun saat ini sudah mengalami kerusakan berat seperti di Desa Nanaet tiga titik, Desa Fohoeka empat titik dan kerusakan parah di Bakustulama (Aihun) terdapat dua titik.

Fraksi NasDem juga menyoroti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Fraksi meminta Dinas menghentikan interfensi pengelolaan DAK Pendidikan dengan memberikan rekomendasi kepada oknum kontraktor yang khususnya membagi bagi jatah atau balas budi.

Padahal secara teknis DAK Pendidikan tersebut adalah swakelola murni dan menjadi wewenang penuh di pihak sekolah khusus terkait tambahan ruang kelas dan Rumah Dinas Guru (RDG).

Tidak saja itu, Fraksi juga meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar tidak secara sembarangan memberhentikan guru tanpa pertimbangan asas “The Right Man On The Right Place”.

Selain itu Fraksi Partai NasDem meminta kepada pemerintah agar segera membereskan hutang pengusaha angkutan yang belum terbayar sampai sekarang sejak Festival Fulan Fehan di Makes.

Fraksi juga meminta Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pertanian, Tanaman pangan dan Holtikultura agar segera memberi Hand Traktor untuk kelompok tani yang mengusulkan pengadaan Hand Traktor saat Reses dengan Anggota DPRD dan telah dianggarkan Rp. 210.000.000 pada tanggal 20 November 2017.

Lebih lanjut, Fraksi meminta Pemerintah untuk mempercepat pembangunan Kampung Adat Fatubesi di Desa Fohoeka Kecamatan Nanaet Duabesi dengan pendekatan Border Tourism yang sesuai dengan jawaban Bupati pada tanggal 15 November 2017 bahwa Pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan melakukan study desain pada tahun 2018 ini.

Fraksi Partai NasDem juga mengapresiasi kerja keras dan cerdas dari Pemerintah sehingga realisasi anggaran tahun 2017 hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di atas 90 %. Namun Fraksi tetap mendorong agar terus ada peningkatan terlebih untuk objek-objek pajak dan retribusi yang belum maksimal dikelola.