KPU Belu Rapat Pleno Tetapkan Paket AT-AHS Sebagai Calon Bupati dan Wabup Terpilih

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Belu menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih tahun 2020.

Hadir dalam rapat pleno tersebut Plh. Bupati Belu, Pimpinan DPRD Belu, Pimpinan Forkopimda Belu, Pimpinan Parpol, Pimpinan OPD Belu, pasangan calon bupati dan wakil bupati Belu terpilih, dr. Agus Taolin dan Aloysius Haleserens serta undangan lainnya.

Rapat pleno terbuka menetapkan pasangan calon Bupati dan wakil bupati Belu terpilih hasil Pilkada Belu 2020 berlangsung di hotel Matahari, KabupatenBelu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Senin (22/3/2021).

Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih dalam Pilkada Belu 2020 yang ditetapkan KPU Belu adalah pasangan calon, dr. Agus Taolin dan Aloysius Haleserens (AT-AHS) dengan tagline Sehati.

Paket Sehati resmi ditetapkan sebagai paslon terpilih pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatan rivalnya yakni paslon bupati dan wabup Belu, Willybrodus Lay-JT Ose Luan terhadap KPU kabupaten Belu, Kamis (18/03/2021) lalu.

Ketua KPU Belu, Mickhael Nahak dalam sambutannya mengatakan hari ini adalah merupakan suatu proses panjang di mana berawal dari tanggal 16 Desember dilakukan pleno rekapitulasi di tingkat kebupaten setelah itu mulai memasuki babak baru yaitu sengketa PHP.

“Ini suatu hal yang biasa dalam demokrasi. Dan sangat bertepatan juga ketika sengketa didaftarkan dengan nomor urut 18 di tanggal 18, putusannya pun juga berakhir di tanggal 18 dengan nomor putusan juga tanggal 18. Ini suatu sejarah yang luar biasa, ini makna dari tanggal 18 ini menjadi sesuatu yang sangat luar biasa,” ungkap dia.

Jelas Nahak, setelah putusan ini artinya tugas penyelenggara harus menetapkan paslon terpilih. Amanat menyampaikan bahwa paling lambat lima hari setelah salinan putusan itu diterima.

“Sehingga sangat mendasar pada hari ini kami melakukan pleno penetapan pasangan calon terpilih bupati dan wakil bupati Belu tahun 2020,” kata dia.

Sesungguhnya ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan bersama, kemenangan pemilih di Kabupaten Belu pada khususnya.

Selanjutnya, dokumen hasil penetapan paslon terpilih selanjutnya akan diserahkan pihaknya kepada DPRD Belu pada besok, Selasa (23/03/2021).

“Besok kami akan secara resmi menyerahkan semua dokumen kelengkapan paslon kepada DPRD Belu untuk selanjutnya melakukan rapat paripurna mengusulkan paslon terpilih kepada pemerintah,” ujarnya.

Diketahui, AT-AHS ditetapkan berdasarkan berita acara penetapan paslon bupati dan wakil bupati Belu terpilih nomor 16/PL.02-7/5304/KPU-KAP/III/2021 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Belu terpilih dalam Pilkada Belu tahun 2020.