Dekatkan Pelayanan, Dispendukcapil Sambangi Lapas Penfui

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat yang tersangkut masalah hukum, dan saat ini masih mendekam dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang menyambangi Lapas Penfui untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi warga binaan Rabu (30/05/2018).

Kadispendukcapil Kota Kupang, David Marts Mangi, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (31/5/2018) mengatakan, tujuan pihaknya melakukan perekaman lembaga pemasyarakatan untuk mendekatkan pelayanan adminduk bagi kelompok masyarakat yang sulit mengurus adminduk, khususnya penghuni lembaga pemasyarakatan.

Ia mengaku, dalam proses perekaman e-KTP di lembaga pemasyarakatan tidak banyak Penghuni yang melakukan perekaman, karena penghuninya banyak warga Kota Kupang yang sebelumnya sudah merekam e-KTP namun belum mengantongi KTP.

“Yang mengikuti perekaman hanya 10 orang saja. Sedangkan sisanya sudah pernah merekam. Sedangkan penghuni lainnya bukan warga Kota Kupang sehingga tidak direkam,” ujarnya.

Sedangkan warga LP yang sudah merekam namun belum mengantongi e-KTP, kata Mangi, pihaknya hanya mendata semuanya, kemudian dilakukan penelusuran data yang sudah terekam. Jika memang data data penghuni LP ada dalam server, pihak dispenduk akan mencetak KTP kemudian akan dibagikan bersamaan dengan 10 penghuni lain yang telah mengikuti perekaman.

“Setelah dicek benar data mereka ada dalam server kami akan mencetak. Kami perlu melakukan ini untuk mendekatkan pelayanan, sekaligus mendorong partisipasi warga penghuni LP dalam pemilu, apalagi sudah ada regulasi yang membolehkan masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemilu meskipun tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT), asalkan memiliki e-KTP,” kata Mangi.