Pemerintah NTT Diminta Perhatikan Kesejahteraan Atlet Berprestasi Internasional

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diharapkan memberikan perhatian dalam rangka pembinaan dan kesejahteraan bagi para atlet yang mengharumkan nama bangsa maupun daerah melalui prestasi- prestasi di ajang kompetisi olah raga internasional.

Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT, Yunus Takandewa sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Senin (31/7/2017). Hal ini disampaikan Yunus, terkait prestasi yang berhasil diraih oleh para atlet beladiri kempo NTT pada Kejuaraan Dunia Kempo di San Matheo California, Amerika Serikat.

Atlet Kempo NTT yang mewakili Indonesia berlaga di ajang kejuaraan dunia kempo itu, berhasil meraih 3 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu. Karena itu, menurut Yunus, pemerintah perlu memberikan penghargaan yang tinggi bagi para atlet yang berlaga di ajang pertandingan kelas dunia dan memberikan prestasi gemilang tersebut.

“Karena bagaimana pun pertarungan sengit yang terjadi di laga kempo ini, para atlet kita berhadapan dengan para olahragawan kelas dunia. Sehingga prestasi yang berlevel internasional seperti ini, maka pemerintah mestinya menyiapkan bonus prestasi yang memadai,” kata Yunus.

Atas prestasi tersebut, Yunus meminta agar pembinaan terhadap atlet kempo harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat, untuk dikembangkan dan semakin ditingkatkan kualitas para atlet, sehingga terus berprestasi dan mampu menjaga prestasi yang sudah berhasil diciptakan.

“Kami terus pantau perkembangan disana melalui informasi yang disampaikan oleh Ketua Komisi V yang saat ini berada di sana (Amerika Serikat -red) mendampingi para atlet kita, dan bahkan kita juga bisa melihat, dimana Gubernur NTT, Frans Lebu Raya juga sangat terharu, ketika bersama anak- anak NTT di sana. Paling tidak kepergian mereka disana bisa memberikan motivasi atau dukungan,” ujarnya.

Yunus mengemukakan, Komisi V yang membidangi kesejahteraan rakyat, melihat bahwa ada perencanaan terkait kesejahteraan atlet yang sifatnya periodik, karenanya perlu juga untuk memperhatikan masalah kesejahteraan untuk jangka panjang yang harus dirumuskan secara bersama- sama.

“Sehingga jangan sampai para atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa, nama NTT, nama daerah tapi ternyata justru menderita di hari tua mereka karena tidak diperhatikan, masa depan mereka tidak dihitung, tidak diapresiasi oleh negara maupun daerah,” katanya.

Dia menambahkan, terkait anggaran untuk bonus bagi atlet berprestasi, bisa dialokasikan atau bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun dari kalangan swasta yang punya minat atau kepedulian terhadap hal dimaksud.

“Paling tidak kalau bersumber dari APBD, maka apa pun prestasi yang diraih oleh para atlet, dan jikalau pemerintah mengusulkannya maka kami di Komisi V akan sangat setuju, karena para atlet sudah mempertaruhkan segala kemampuan mereka untuk mengharumkan nama bangsa, maka bagi kami tidak ada tawar menawar. Yang namanya bonus, kalau hari ini pemerintah usulkan, hari ini juga kami di DPRD langsung setujui,” pungkasnya.