Kontribusi Dua Miliar Lebih, Cinemax Lippo Jadi Primadona Baru PAD

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sejak beroperasinya Bioskop Cinemax di Lippo Mall pada akhir Juni tahun 2016 lalu, tempat hiburan itu menjadi primadona baru untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kupang. Pasalnya belum genap lima bulan beroperasinya bioskop cinemax, yang merupakan satu-satunya bioskop di Kota Kupang, sumbangan PAD sudah mencapai Rp.2,1 miliar.

“Angka ini cukup fantastis mengingat bioskop cinemax mall baru beroperasi belum genap lima bulan,” Kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kupang, Jefri Eduard Pelt, kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (19/10/2016).

Menurutnya, dengan perolehan PAD dari Cinemax, pajak dari tempat hiburan sudah melebihi dari target yang dicanangkan, bahkan bisa menyentuh angka 200 persen, karena masih tersisa waktu dua bulan lebih ditahun 2016.

Baca : Pilkades Mandeu Raimanus Curang, Warga Minta Digelar Ulang

Dikatakan, selain pajak dari Bioskop cinemax, permainan anak pada Lippo Mall, dan Ramayana Mall, juga turut menyumbang PAD yang cukup besar.

Jefri mengakui sarana hiburan memang telah menjadi primadona baru, sehingga untuk mendukung tumbuhnya investasi khususnya di dunia hiburan, pemerintah dan DPRD sudah menyepakati untuk menurunkan Pajak dari Hiburan, karena selama ini penatapan pajak khusus untuk hiburan, berada pada titik paling akhir yaitu sebesar 35 persen.

“Kami sudah sepakat, dan perda revisi baru soal penetapan pajak telah ditetapkan dan rencananya mulai diberlakukan pada Januari 2017 mendatang. Tontonan bioskop yang semula 35 persen, diturunkan menjadi 15 persen. Pajak hiburan rata-rata juga mengalami penurunan pada kisaran 10 hingga 15 persen.