Turunnya Debit Air Belum pengaruhi Layanan PDAM Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Penurunan debit air pada beberapa titik sumber air milik PDAM Kota Kupang saat musim kemarau ini, belum mempengaruhi jadwal pelayanaan kepada pelanggan.

“Terkait penurunan debit air ini kami masih terus melakukan pemantauan hingga akhir bulan Oktober, sehingga ketersediaan air baku yang mengalami penurunan belum mempengaruhi jadwal pendistribusiaan bagi pelanggan. Namun, jika hingga bulan Nopember nanti belum juga turun hujan, dan terjadi penurunan yang sangat signifikan maka pastinya kami akan merubah jadwal pendistribusian airnya bagi pelanggan,” kata Plt Direktur PDAM Kota Kupang, Romy Seran kepada wartawan, Kamis (25/10/2018).

Dikatanya, penurunan debit air terjadi di Nunbaun Sabu namun tidak signifikan yakni 30 persen, penurunan yang signifikan terjadi di Belo mencapai 40 persen, tapi kondisi tersebut hingga kini belum menpengaruhi jadwal pendistribusian air baku bagi warga setempat.

“Terjadi penurunan debit air pada beberapa titik kami membutuhkan tempat tampungan, sehingga kami berharap pembangunan reservoir yang telah selesai dibangun oleh Dinas PU-PR tahun 2017, di wilayah Naioni dan Manulai 2 bisa secepatnya bisa digunakan.

“Seandainya sudah diperboleh oleh pihak PUPR, maka hal pertama yang dilakukan adalah dilakukan uji fungsi bersama, namun, hingga saat kami belum disampaikan untuk menggunakannya sehingga kami masih tetap menunggunya pemberitahuan dari Dinas PUPR,” jelasnya.

Romi menjelaskan kebutuhan air baku masyarakat cukup tinggi, maka dengan reservoir itu menjadi tempat penampungan dalam membantu memperpanjang distribusi air baku bagi masyarakat setempat.