Jelang Pemilu 2024, 666 Peserta Lolos Pengawas TPS Pemilu di Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dari total 751 pendaftar yang berasal dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Belu, 666 orang dinyatakan lolos calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL.

Ketua Bawaslu Belu, Agustinus Bau membenarkan, sebanyak 666 orang dinyatakan lolos seleksi Pengawas TPS setelah melalui proses seleksi mulai dari tahap pendaftaran, seleksi administrasi, hingga tahap wawancara.

“666 orang pengawas TPS lolos sesuai hasil pengumuman Bawaslu Belu melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) belum lama ini,” ujar dia, Minggu (21/1/2024).

Menurut dia, di setiap Tempat Pemungutan Suara dibutuhkan satu orang pengawas TPS sesuai jumlah TPS di Belu terdapat sebanyak 666.

“Sehingga total pengawas TPS yang dibutuhkan 666 orang,” ujar Agustinus Bawaslu Belu, Agustinus Bau dihubungi media, Minggu 21 Januari 2024.

Dijelaskan, untuk proses pengumuman pengawas TPS dilaksanakan pada tanggal 19-20 Januari 2024 di setiap kecamatan.

“Pengawas TPS yang terpilih nantinya dilantik oleh Ketua Panwascam masing-masing di Kecamatan pada tanggal 21 sampai 22 Januari 2024,” kata Agus.

Masih menurut dia, nantinya selesai pelantikan para peserta yang lolos akan mendapatkan bimbingan teknis terkait tugas dan fungsi sebagai pengawasan di TPS selama pemungutan suara.

Ketua Bawaslu Belu itu berharap agar para Pengawas TPS yang telah dilantik untuk menjadi garda terdepan yang bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya pemilu, terutama pada tahapan pemungutan dan perhitungan suara yang menjadi inti penyelenggaraan pemilu.

“Para Pengawas TPS agar dapat berintegritas dan menjaga kesehatan selama proses demokrasi di Pemilu 2024. Karena ini merupakan langkah penting untuk mewujudkan pemilihan yang adil, bersih, dan bermartabat,” harap Agus.