Warga Belu Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Dengan Karnaval

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Semarak HUT ke-78 Kemerdekaan RI nampak di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Ribuan warga di perbatasan Belu mengikuti karnaval yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Belu bertempat di lapangan umum Atambua, Sabtu (12/8/2023).

Peserta karnaval terdiri dari pelajar SMA/SMK, Perguruan Tinggi, organisasi bela diri, etnis Tionghoa serta seluruh warga dari berbagai etnis atau suku yang mengenakan pakaian khas daerahnya atau pakaian adat dari setiap wilayah di Indonesia.

Adapun rute karnaval star dari lapangan umum menuju simpang empat toko sahabat belok kanan menuju simpang tiga tugu selamat datang, belok kiri lurus menuju toko Angkasa Ria.

Peserta karnaval belok kanan menuju pasar baru, kemudian belok kanan menuju Kantor Bank NTT Cabang Atambua. Belok kiri menuju simpang tiga SMAK Surya, belok kanan menuju Gereja Katedral dan finish lapangan umum.

Tidak saja itu, karnaval peringati HUT ke-78 RI dimeriahkan juga dengan pawai kendaraan dengan berbagai hiasan. Warga juga menampilkan berbagai macam kreasi seperti replika burung garuda.

Keunikan karnaval dengan tampilan pakaian adat dari setiap daerah dengan beragam kreasi ditambah dengan hiasan kendaraan menarik minat warga yang tumpah ruah memadati sepanjang jalan untuk melihat kemeriahan karnaval.

Selain dalam rangka memeriahkan sekaligus menyambut HUT ke-78 RI pada tanggal 17 Agustus akan datang, tujuan dilaksanakan karnaval guna tingkatkan rasa persaudaraan, solidaritas dan kebhinekaan antar warga Belu dalam kerangka NKRI.