Wabup Belu Buka Lokakarya Revitalisasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem

Bagikan Artikel ini

Atambua, NTTOnlinenow.com – Wakil Bupati Dr.Drs. Aloysius Haleserens, MM membuka Lokakarya Revitalisasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Belu, yang diselenggarakan oleh USAID Erat (Tata kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Kuat) kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belu, berlangsung di Timor Hotel Atambua, Senin (26/9/2022).

Wakil Bupati Belu Dr.Drs. Aloysius Haleserens, MM mengatakan terkait dengan kemiskinan ekstrem harus melihat data. “Data kita sudah bagus atau belum. Kalau sudah ada mereka ini kalau dipetakan ada dimana, kira – kira intervensi apa yang perlu pemerintah lakukan dan intervensi itu akan segaris, searah dengan apa yang disebut dengan standar pelayanan minimal itu yang harus kita lakukan,” kata Wabup.

Lanjut Wabup, harus ada data, sebaran atau pemetaannya, intervensi apa yang akan kita lakukan, intervensi itu harus tepat sasaran. Koordinator USAID Erat – Fransiska Sugi menyampaikan terdapat lima program USAID Erat yakni pengentasan penanggulangan ekstrem, standar pelayanan minimal, pelayanan publik, inovasi daerah dan tatakelola penganggaran daerah.

“Kami bekerja untuk mengelola tata kelola di kelima isu pokok ini untuk meningkatkan pelayanan publik supaya semua hasil pembangunan bisa di nikmati seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Belu,” ujar Fransiska.

Dijelaskan Koordinator USAID Erat, kegiatan lokakarya mengawali kegiatan yang akan dilakukan bersama – sama, ke depan ada tim koordinasi penanggulangan kemisikinan ekstrem.

Sesuai Permendagri NO 53 Tahun 2020 kemiskinan ini sudah menjadi kemiskinan ekstrem di setiap tingkatan Pemerintahan di bentuk tim koordinasi penanggulangan kemiskinan.

“Jadi kita akan duduk bersama hari ini kita akan membahas bagaimana kita mempersiapkan diri karena nanti kita juga diharapkan akan menghasilkan rencana penanggulangan kemiskinan ekstrem di tingkat Kabupaten,” tutur Fransiska.

Hadir pada lokakarya ini Asisten Perekonomian dan Adiministrasi Pembangunan Sekda Belu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Belu, Perwakilan dari OPD, dan undangan lainnya. (Tim Layanan Info Publik/toeb)