Wagub Dorong Pemuda NTT Masuk Akademi Angkatan Laut

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – “Kehadiran taruna/i mestinya mampu memotivasi pemuda dan pemudi NTT agar berminat untuk bergabung dengan Akademi Angkatan Laut. Tidak hanya itu, taruna/i juga dapat mempromosikan potensi lokal di NTT baik pariwisata, budaya maupun tradisinya,” pinta Wakil Gubernur NTT, Drs Benny Alexander Litenoni, SH. M.Si ketika menyambut kedatangan rombongan Lattek Kartika Jala Krida International Naval Rewiew New Zealand 2016 bertempat di ruang rapat Wakil Gubernur, Jumad (14/10/2016).

“Perlu motivasi terus menerus untuk menumbuhkan minat pemuda-pemudi untuk masuk di Taruna AL, meskipun masih ada kendala baik dari segi intelektual maupun segi kesehatan. Hal ini mestinya menjadi cambuk untuk belajar, tidak boleh berputus asa” tegas Wakil Gubernur menanggapi banyaknya pemuda dan pemuda NTT yang gagal masuk dalam Taruna Akademi Angkatan Laut.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur juga memperkenalkan bahwa, NTT memiliki 1.192 pulau. Hanya setikar 50-an pulau yang sudah berpenghuni dan diberi nama.

“Pada bulan Mei lalu, Gubernur NTT bersama Forkompinda meresmikan penamaan 10 pulau terluar di NTT. Pulau-pulau tanpa nama masih menjadi bagian utuh NKRI, kecuali pulau Batek yang diklaim oleh Negara Timor Leste. Saya mengapresiasi TNI khususnya Aangkatan Laut yang tetap setia menjaga pulau tersebut,” ujar Benny Litelnoni sembari mengajak semua komponen masyarakat terus memberikan dukungan kepada TNI dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

Di akhir arahannya, Wakil Gubernur meminta instansi terkait khususnya Dinas Pariwisata Provinsi NTT agar berkordinasi dengan TNI AL dalam mempromosikan NTT di luar negeri.

Baca : 28-29 Oktober 2016, Alumnus SDK Putra–Putri & Don Bosko Adakan Reuni

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh, Letkol Laut, Budi Santosa, S.E menjelaskan bahwa tujuan kedatangan rombongan Lattek Kartika Jala Krida International Naval Rewiew New Zealand 2016 adalah untuk mempromosikan Taruna AL.

”Kupang adalah persinggahan terakhir setelah dari Jakarta dan Surabaya Pada Senin (17/10/2016) rombongan akan menuju ke Sidney, Australia dan Auckland, New Zealand. Rombongan akan memperkenalkan Indonesia khususnya NTT agar semakin banyak wisatawan asing yang berkunjung ke daerah ini,” kata Budi Santoso.

Sementara itu Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Kolonel Laut Arief Budiman pada saat itu menjelaskan bahwa 259 personil AL akan diberangkatkan ke luar negeri. Ada 103 Taruna, 11 di antaranya adalah Taruni. Dalam tiga hari ke depan, rombongan taruna/i akan mengunjungi beberapa sekolah di Kota Kupang untuk mempromosikan Akademi Kelautan.

“Kami berharap agar banyak anak NTT tertarik masuk di Akademi Angkatan Laut. Bergabunglah dengan Angkatan Laut, maka kamu akan mengelilingi dunia ada,” pungkas Arief berporomosi.

Tampak dari sekitar 30 peserta yang hadir dalam pertemuan itu, Dansatgas Kolonel Laut (P) Arif Budiman, Dan KRI (P) Letkol Budi Santosa S.E, Dan LANTAMAL VII Kupang, Kolonel Laut (P) Bambang T, Mayor Laut (P) D.E Ardianto, lima orang Taruna dan satu Taruni AL yang mewakili 103 Taruna/i, Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT, Drs. Semuel Pakereng M.Si. Biro Humas Setda Provinsi NTT