Sejumlah Acara Pendukung Digelar Peringati Bulan Soekarno

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka memperingati Bulan Saoekarno yang diperingati setiap bulan Juni, Dinas Pariwisata NTT menggelar sejumlah kegiatan pendukung (supporting events) yang terpusat di Kabupaten Ende, sebagai tempat pembuangan Soekarno dan penemuan nilai- nilai Pancasila.

Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata NTT, Beni Wahon sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Rabu (7/6/2017).

“Supporting events yang akan digelar tersebut yakni lomba paduan suara antar-etnis, lomba pidato pelajar untuk putra dan putri tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Ende, serta lomba tracking untuk pelajar dan masyarakat umum,” kata Beni.

Beni menguraikan, untuk lomba pidato, pesertanya adalah para pelajar SMA dan sederajat se- Kabupaten Ende. Peserta lomba adalah perorangan, untuk kategori putra dan putri. Tema lomba pidato “Bung Karno dan Pancasila.” Kegiatan dilaksanakan pada 9 Juni di Ende. Sudah 10 sekolah yang mendaftarkan diri sebagai peserta lomba.

“Para peserta yang ditetapkan sebagai juara, mendapat hadiah uang dengan rincian, Rp3 juta untuk juara satu, Rp2,5 juta untuk juara dua, dan Rp2 juta untuk juara tiga,” urainya.

Sementara itu, lanjut Beni, peserta lomba paduan suara juga mendapat hadiah dalam bentuk uang dengan rincian, Rp10 juta untuk juara satu, Rp7,5 juta untuk juara dua, Rp5 juta untuk juara tiga, Rp3,5 juta untuk juara empat, Rp2 juta untuk juara lima, dan Rp1,5 juta untuk juara enam. Sudah ada 18 paduan suara yang mendaftarkan diri sebagai peserta.

Untuk lomba tracking, Beni menyampaikan, para peraih juara, selain mendapatkan uang pembinaan, juga diberikan piala. Uang pembinaan yang disiapkan sebagai berikut, Rp15 juta untuk juara satu, Rp12,5 juta untuk juara dua, Rp10 juta untuk juara tiga, Rp7,5 juta untuk juara empat, Rp5 juta untuk juara lima, dan Rp2,5 juta untuk juara enam. Sudah ada 21 tim yang mendaftarkan diri sebagai peserta tracking.

Baca : Tangani ABH, Kota Kupang Usul Perlu Adanya SK Kemensos

“Kegiatan lomba tracking yang melibatkan pelajar dan masyarakat umum ini, berlokasi di Gunung Meja, Ende,” ujar Beni.

Pada kesempatan itu Beni menyampaikan, selain ivent sporting yang dilaksanakan Dinas Pariwisata, ada kotribusi kegiatan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tingkat provinsi. Badan Narkotika Provinsi (BNP) sosialisasikan tentang bahaya narkoba untuk para kepala sekolah bertempat di Lapangan Pancasila Ende.

Selain itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) melakukan sosialisasi tentang ketenagakerjaan. Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak menggelar pemilihan duta anak tingkat provinsi.

Ketua Komisi I yang membidangi Pemerintahan Umum DPRD NTT, Kasintus P. Ebu Tho mengatakan, dipilihnya bulan Juni sebagai bulan Soekarno merupakan wujud penghargaan negara terhadap Bung Karno sebagai proklamator dan mengilhami lahirnya Pancasila waktu masa pembuangan di Ende.

Juga sebagai moment agar para pelajar dan generasi muda mendalami sejarah bangsa dan mengenal tokoh- tokoh nasional, terutama Soekarno dan Hatta. Dengan demikian, ketokohan Soekarno- Hatta bisa menjadi inspirasi dan motivasi baru, serta suasana baru sehingga mampu melahirkan generasi muda yang berwawasan nasionalis.

“Masyarakat Indonesia, NTT khususnya harus bersatu-padu di bawa payung Pancasila tanpa adanya penafsiran yang keliru,” papar Kasintus.