Bangun Sinergitas, Imigrasi Atambua Terima Kunjungan Dansatgas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, K. A. Halim menerima kunjungan Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf Yudhi Yahya.

Kegiatan berlangsung di Kantor Imigrasi Atambua, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Kamis (15/9/2022).

Menurut Halim, tujuan kunjungan Dansatgas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB ke kantor Imigrasi Atambua sebagai bentuk silaturahmi juga untuk membangun sinergitas dalam mengawal sekaligus menjaga wilayah perbatasan Negara.

“Kita dialog bersama untuk membangun koordinasi dan kerja sama yang baik dilapangan mengingat tugas dan fungsi pengamanan wilayah perbatasan merupakan tugas bersama,” ujar dia.

Lanjut Halim, wilayah perbatasan RI-RDTL memiliki cakupan wilayah yang luas dengan latar belakang budaya warga masyarakat kedua negara yang masih kental dengan kekeluaragaan.

Terhadap pengawasan lalu lintas orang yang masuk atau keluar dari dan ke wilayah Indonesia membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik dari seluruh instansi baik itu Imigrasi, Beacukai, Karantina Kesehatan, Kepolisian, Satgas Pamtas, Pemda maupun instansi terkait dalam menjalankan tugas dan fungsinya di lapangan untuk mencegah terjadinya pelintas illegal.

Dia berharap agar Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB dalam menjalankan tugasnya dapat selalu bersinergi untuk menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL dengan membantu imigrasi untuk mencegah dan melaporkan kasus pelintas illegal yang terjadi selama melakukan patroli di lapangan agar suasana kondusifitas keamanan di Wilayah perbatasan dapat terus terjaga.

Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf. Yudi Yahya menyampaikan, koordinasi sangat diperlukan antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi melaksanakan tugas masing-masing khususnya pengamanan serta pengawasan di wilayah perbatasan Negara.

Lanjut Yudi, kegiatan kunjungan ini merupakan upaya dan langkah guna meningkatkan silaturahmi antar instansi di perbatasan. Selain itu juga menjamin tetap terpeliharanya stabilitas dan keamanan di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka yang menjadi bagian tugas operasi satuannya.

“Selain ini kita juga akan melakukan silaturahmi ke Pemkab Belu serta instansi vertikal lainnya,” tutup Yudi.