Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2019 di Belu-Malaka

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019, Kepolisian Resort (Polres) Belu mengerahkan sebanyak 800 personel.

Demikian Kapolres Belu AKBP Christian Tobing didampingi Dandim 1605/Belu Czi I Gusti Putu Dwika kepada awak media usai apel gelar pasukan operasi mantap brata turangga 2018 di lapangan umum, Rabu (19/9/2018).

Jelas Tobing, jumlah personel Polres nantinya bersama-sama personel TNI dan stakeholder lainnya akan melakukan pengamanan Pemilu di spot-spot yang mana sudah kita sisir masuk wilayah rawan di Kabupaten Belu dan Malaka wilayah hukum Polres Belu.

“Harapan kita semua kegiatan pesta demokrasi dapat terselenggara dengan baik dan masyarakat di kedua wilayah Belu dan Malaka dapat lakukan kegiatan yang berjalan aman dan lancar,” ucap dia.

Ditekankan, kontek perbatasan dengan Negara Timor Leste, personel gabungan juga akan perketat pengamanan di garis batas. Dimana dilakukan dengan mengedepankan Babinkamtibmas, Babinsa melalui pengamanan bersama.

“Dihimbaukan kepada masyarakat Belu dan Malaka jangan terprovokasi dalan tahun politik ini. Jangan terhasut dengan berita-berita isu atau hoax,” kata Tobing.

Tobing menegaskan kepada seluruh personel Polri agar tetap netral, tidak berada atau terlibat politik praktis dan harapan bersama-sama dengan masyarakat lakukan kegiatan pengamanan bersinergi.

Ditambahkan, dengan deklarasi damai Parpol yang saksikan aparat Polri-TNI yang dilakukan seluruh Pimpinan Parpol Belu dan Malaka diharapkan pelaksanaan Pemilu dilaksanakan seluruh partai dan masyarakat bahwa tadi perwakilan parpol sudah deklarasi nanti lakukan Pemilu damai, jujur dan damai.

“Tidak ada penyimpangan dan kalau ada penyimpangan akan ada aturan hukum yang bisa dikenakan pada pelanggaran hukum,”tandas Tobing.

Senada Dandim 1605/Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika mengatakan, pihaknya tetap melaksanakan kegiatan dalam rangka mendukung Pemilu 2019 dengan mengerahkan 290 personel.

“Kami katakan tetap bersikap netral dan bersama Polri tetap manjaga kamtibmas dan diharapankan keamanan kedepan bisa aman, lancar dan damai,” ujar dia.

Lanjut Gusti, pohaknya terus mendorong masyarakat agat tetap lakukan aktiftas seperti biasa dan jangan termakan dengan isu-isu yang tidak benar yang dapat memecahkan persatuan.

“Khususnya di Belu dan Malaka Polres dan Kodim kami bersingergi lakukan pengamanan kepada seluruh masyarakat,”ujar Gusti.