Siswa Satdik Berkesempatan Lattek di Fasilitas Pendidikan Bumimoro Kodiklatal Saat Pekan Integrasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Surabaya, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme siswa TNI AL di lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLII TA 2022 Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Tanjung Uban, Satdik 2 Makassar dan Satdik 3 Sorong melaksanakan Lattek Pekan Integrasi di beberapa fasilitas Pendidikan Kodiklatal Bumimoro Surabaya, (15/08/2022).

Lattek Pekan Integrasi ini, diikuti 749 siswa yang terdiri dari Satdik-1 sebanyak 249 siswa, Satdik-2 sebanyak 250 siswa dan Satdik-3 sebanyak 250 siswa yang merupakan program Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan 42 Tahun 2022.

Adapun fasilitas pendidikan Bumimoro yang dikunjungi adalah bengkel mesin yang berada di Pusdiktek, Bengkel Elektronika yang berada di Pusdiklek, Alat Instruksi dan Alat penolong instruksi (Alins Alongins) di Sekolah Artileri dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Pusdikpel. Selain itu para siswa ini juga melaksanakan kunjungan ke Pusdikkes dan Pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal.

Dalam kunjungan ke Pusdiktek dan Pusdiklek, para siswa mendapatkan bimbingan dan pembelajaran dari para instruktur yang berkaitan dengan permesinan di KRI dan berbagai instrumen peralatan elektronika seperti radar yang juga digunakan di KRI. Sedangkan di Seart Pusdikpel para siswa Satdik ini mendapatkan materi berbagai kesenjataan yang digunakan KRI berikut amunisi yang digunakan.

Untuk di Pusdikkes para siswa ini mendapatkan materi pelatihan penanggulangan penderita gawat darurat, sedangkan di Pusdikbanmin seluruh siswa mendapat penjelasan tentang tugas prajurit lulusan Pusdikbanmin. Siswa diberi kesempatan untuk mencoba atau mencicipi makanan yang dibuat oleh siswa Pusdikbanmin.

Secara umum Lattek yang diikuti siswa Satdik 1, 2 dan 3 Kodiklatal dalam Pekan Integrasi Siswa merupakan upaya mewujudkan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yang selama ini senantiasa ditekankan oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, yakni membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.

Sumber : Kodiklatal.tnial.mil.id