Bethesda Yakkum Gelar Pelatihan Penerimaan Diri bagi ODHA di Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – CD Bethesda Yakkum menggelar pelatihan penerimaan diri bagi ODHA di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL terhitung Jumat 8 sampai dengan 9 Oktober 2021.

Kegiatan berlangsung di salah satu Hotel di Atambua, Jumat (8/10/2021) kerjasama Bethesda Yakkum dengan dukungan Dinas Kesehatan dan BP4D Kabupaten Belu diikuti peserta sebanyak 20 orang dari KDS Kakuluk Mesak, Tasifeto Timur dan Tasifeto Barat.

Menurut Koordinator CD Bethesda Yakkum Cabang Belu Yosafat Ician, kegiatan ini adalah sebuah bentuk intervensi proaktif yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas diri (dan social) ODHA dalam menghadapi berbagai kemungkinan dampak social yang berimbas negative bagi dirinya.

“Melalui rute penguatan diri dengan memperkuat kesadaran, penerimaan diri maka diharapkan ODHA dapat menemukan ruang untuk melipatgandakan potensi dirinya secara maksimal dalam mencapai resiliensi diri yang dapat mengantar pada respon yang produktif bagi diri dan sesama membangun sikap dan cara hidup yang memberi makna,” ujar Yosafat.

CD Bethesda YAKKUM saat ini tengah melaksanakan Program Pencegahan Terpadu Penularan HIV dan AIDS di Wilayah Kabupaten Belu dan Kota yogyakarta. Salah satu komponennya adalah pencegahan secara Bio-medical, dalam komponen tersebut ada kegiatan pendampingan peningkatan kualitas hidup ODHA dan konseling untuk kepatuhan ART dengan sub kegiatan training penerimaan diri.

Jelas Yosafat, tujuan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan para ODHA dalam menyadari potensi dan situasi diri. Membangun kemampuan penerimaan diri ODHA untuk mencapai resiliensi dan keberdayaan diri optimal.

Selain itu mengembangkan kemampuan para ODHA dalam membantu ODHA lainnya untuk menemukan penerimaan diri dan resiliensi melalui ketrampilan konseling dan motivasi.

Untuk output yang diharapkan yakni, peserta mampu menyadari situasi, potensi diri yang potensial dan aktual. Peserta mampu menerima diri secara positif sebagai bekal pencapaian resiliensi dan memiliki keterampilan dalam memotivasi dan memberdayakan diri bagi teman ODHA yang lainnya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Rosa Gaudensia menyampaikan terima kasih kepada CD Bethesda Yakkum yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sungguh bermanfaat bagi ODHA.

“Kegiatan yang dilaksanakan CD Bethesda YAKKUM sangat membantu pemerintah dalam menekan kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Belu,” ucap dia saat membuka kegiatan.