Sat Narkoba Polres Belu Amankan 1.295 Litter Miras Jenis Sopi Kisar

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satuan Narkoba Polres Belu mengamankan sebanyak 1.295 liter minuman keras jenis sopi Kisar di pelabuhan Teluk Gurita, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

Ribuan minuman sopi Kisar yang dikemas dalam berbagai ukuran jerigen dan botol berhasil diamankan Anggota Sat Narkoba dari Kapal Feri KMP Pulau Sabu di pelabuhan Gurita usai perjalanan dari Pulau Wetar, Provinsi Ambon.

Hal itu disampaikan Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh didampingi Kasat Narkoba, Kasi Propam dalam konferensi pers bersama awak media di ruang lobi Mapolres Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Senin (2/8/2021).

Menurut dia, anggota Sat Narkoba berhasil amankan miras jenis sopi Kisar di pelabuhan Gurita beradasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada Kapal Feri KMP Pulau Sabu yang mengangkut sopi dari Pulau Wetar.

“Sopinya didatangkan dari Pulau Wetar, Ambon untuk dipasarkan di wilayah Atambua dan Kupang. Selain barang bukti, diamankan juga seorang wanita berinisial DAT pemilik sopi,” terang Khairul.

Dijelaskan, sesuai keterangan dari yang bersangkutan dirinya baru sekali ini melakukan transaksi atau penyaluran miras antar pulau. Pelaku dikenakan tipiring, tidak ditahan, tapi kita berikan pembinaan dan wajib lapor.

Akui dia, sesuai keterangan dari yang bersangkutan, barang bukti sopi ini telah ada penerima di dalam wilayah Atambua dan masih sedang pendalaman oleh Tim penyidik Sat Narkoba.

“Pemiliknya enam orang, tapi yang berhasil kita amankan satu saat di lokasi. Untuk taksasi nilainya belum tahu pari, tapi diperkirakan sekitar Rp12 juta,” sebut Khairul.

Ditegaskan, pihaknya tidak akan tolerir terkait miras dan akan melakukan penertiban terhadap miras di dalam wilayah Belu.

“Kita akan lakukan penindakan. Miras jika berlebihan dikonsumsi maka berujung pada kasus kriminal,” tandas Kapolres Belu itu.