Pembangunan Patung Bunda Maria Imaculata Setinggi 18 Meter di TTU Akan Rampung Juni Ini

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Pembangunan salah satu ikon Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), berupa pembangunan Patung Bunda Maria Imaculata di Taman Doa Gereja Sto. Antonius Padua Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, hampir rampung.

Ketua Panitia Pembangunan Taman Doa, Adi Pontus meyakini pembangunan patung Bunda Maria Imaculata setinggi 12 meter yang sudah berjalan sejak tahun sebelumnya akan rampung di bulan Juni ini.

“Tanggal 20 Juni ini semua pekerjaan rampung. Dudukan patung sudah dibangun”, tandas Adi Pontus.

Kepingan, bagian tubuh patung Bunda Maria Imaculata, lanjut Adi Pontus sudah tiba di Kefamenanu sejak April 2021.

“Saat ini kepingan tubuh patung Bunda Maria Imaculata sudah tiba dari Yogyakarta dan diamankan di lokasi kerja taman Doa Paroki Sto. Antonius Padua Sasi. Tinggal pemasangan kepingan tubuh patungnya saja”, kata Adi.

Informasi yang dihimpun NTTOnlinenow.com, Taman Doa St Maria Imaculata Paroki Sto. Antonius Padua Sasi ini akan dibangun dengan konsep inkulturatif dan dengan tujuan utama sebagai salah satu sarana Iman tempat umat berdoa melalui pengantaraan Bunda Maria. Sehingga Taman Doa tersebut akan dibentuk dan dijaga agar tetap menjadi tempat berdoa yang baik dan nyaman untuk semua orang yang berkunjung.

Patung Bunda Maria Imaculata pada Taman Doa Paroki St. Antonius Padua Sasi ini juga akan menggunakan Jubah bermotif Buna, tenunan asli asal Insana Kabupaten TTU, dengan warna dasar pink (merah muda) dengan tinggi Patung Kurang lebih 12 meter terhitung dari meja dudukan patung dan tinggi bangunan keseluruhan adalah 18 meter dari permukaan tanah.

Dan untuk mencapai kaki patung, umat akan melewati 5 bagian tangga yang melambangkan 5 peristiwa.

“Jadi setiap 1 peristiwa ada 5 anak tangga, totalnya ada 25 anak tangga. Umat harus melewati 25 anak tangga untuk bisa sampai ke kaki patung Bunda Maria Imaculata. Kemudian di bawah kaki patung Bunda Maria sudah dilengkapi dengan ruangan setinggi 6 meter untuk ruang adorasi”, jelas Adi Pontus kepada umat yang hadir saat menyampaikan sambutan dalam acara Pemasangan perdana patung Bunda Maria dan pemberkatan pekerjaan pendirian patung, Sabtu (05/06/2021).

Acara pentahtaan Patung Bunda Maria Imaculata ini menjadi kelengkapan sarana di Paroki Sto. Antonius Padua Sasi serta umat lainnya yang berziarah ke Paroki Sasi.

Mewakili umat Paroki Sasi, juga sebagai rakyat TTU dan seluruh panitia, Adi Pontus mengharapkan dukungan dan bantuan pemerintah.

“Pekerjaan sementara berjalan dan kami juga sangat mengharapkan dukungan dan perhatian dari pemerintah TTU agar pembangunan patung bisa berlanjut sampai dengan selesai”, pinta Adi.

Pekerjaan patung Bunda Maria Imaculata di Kefamenanu

Pantauan media ini, Selasa (08/06/2021), Pekerjaan perakitan, pemasangan kepingan dan pengecatan Tubuh Patung Bunda Maria dilaksanakan oleh 7 orang Pematung Profesional asal Yogyakarta yang telah tiba di kefamenanu pada hari penutupan Bulan Maria tanggal 31 Mei 2021 lalu.

“Setelah selesai dikerjakan nanti, seluruh tubuh Patung Bunda Maria akan ditutup seluruhnya dengan Kain selubung berwarna pink (merah muda) yang melambangkan Bunda Maria sebagai sumber Kasih sayang kepada anak-anaknya. Dan Kain selubung itu baru akan dibuka pada saat Peresmian Taman Doa St Maria Imaculata”, jelas Adi dalam kesempatan menyampaikan laporan.

Diketahui, pembangunan Taman Doa St Maria Imaculata Paroki St Antonius Padua Sasi merupakan salah satu program utama Paroki, DPP dan Umat Paroki Sto. Antonius Padua Sasi yang telah direncanakan sejak Tahun 2017 dan telah dilakukan peletakan batu pertama oleh Yang Mulia Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku Pr pada tanggal 29 September 2018 lalu, dan pekerjaan dimulai dengan Pembangunan 4 tiang utama Taman Doa pada tanggal 25 November 2019 dan terus berlanjut sampai dengan saat ini.

Adapun total Anggaran pembangunan Taman Doa St. Maria Imaculata Sasi sebesar Rp.2.626.000.000,- dengan perincian, biaya Pengadaan Patung Bunda Maria, Rp.1.250.000.000,- dan biaya Bangunan dan Penataan Areal Taman Doa, Rp.1.376.000.000,-

“Panitia secara bertahap akan terus melakukan pekerjaan Pembangunan dan Penggalangan Dana terutama dalam masa Pandemi Covid-19 ini agar seluruh taman doa St. Maria Imaculata ini dapat diselesaikan dengan dengan target waktu / multi years sesuai dengan keadaan keuangan panitia”, tandas Adi Pontus.

Sementara ini total Penerimaan Penerimaan Panitia per 04 Juni 2021 adalah sebesar Rp.1.672.679.521,- berasal dari 13 sumber / kegiatan Penggalangan Dana.

Pastor Paroki Sto. Antonius Padua Sasi, P. Jose Alexander Fatu Nitsae, OFMCom dalam sambutannya mengatakan, pembangunan patung Bunda Maria Imaculata merupakan satu kebanggaan rohani untuk umat Katolik.

“Pembangunan patung Bunda Maria Imaculata merupakan satu kebanggaan rohani untuk kita semua. Semoga dengan kehadiran patung BM ini kebanggaan yang kita miliki, berubah menjadi sesuatu yang akan menghantar kita masuk dalam suatu kehidupan rohani yang artinya membantu kita memperdalam iman kita kepada Tuhan”, kata Pater Jose.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat terhadap panitia dan Pastor Paroki.

Wabup Eusabius Binsasi berpesan, semegah apapun bangunan yang dikerjakan namun penataan kehidupan rohani umat Katolik tetap harus diutamakan.

“Bukan soal pembangunan patung senilai Rp 2 miliar lebih atau tingginya patung. Tapi soal penataan kehidupan rohani kita semua harus lebih diutamakan”, pinta Wabup Eusabius.

Ia berjanji, Pemerintah daerah juga tidak lupa memberi perhatian sampai patung tersebut berdiri kokoh.

Keterangan gambar : Pemasangan perdana kepingan tubuh patung Bunda Maria Imaculata oleh Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi.