Perpani Targetkan Medali Emas Olimpiade dan Sea Games.

Bagikan Artikel ini

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Usai ditunjuk sebagai Manager Timnas Panahan Indonesia, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani), M. Iksan Ingratubun optimis medali emas jadi target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021. Iksan sendiri yakin para atlet Panahan Indonesia bisa mewujudkan target tersebut. Hal ini terlihat dari antusiasnya para atlet yang mulai berkumpul di Jakarta setelah menjalani fase pertama pelatnas akhir tahun lalu.

Hadirnya penggiat UMKM ini membawa angin segar di Pelatnas Panahan yang tengah dilakukan di Aryaduta Hotel Suite Semanggi Jakarta Selatan. Dengan waktu yang tersisa ditengah pandemic covid 19, PB Perpani coba memaksimalkan waktu latihan meskipun hampir semua atlet dan pelatih menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Selama masa pandemic covid 19 penjaringan atlet dilakukan melalui proses on line, namun setelah fase ke dua PB Perpani akan melakukan seleksi dengan menghadirkan semua atlet baik yang sudah lolos tahapan online maupun yang masuk dalam penjaringan, tegas Pengacara berdarah Makasar Iksan.

Latihan telah dimulai sejak tanggal 8 April 2021 di lapangan Yonkaf Cijantung dan selanjutnya akan terpusat di Venue Panahan Gelora Bung Karno (GBK). Sejumlah agenda telah dipersiapkan tim pelatih yang teridiri dari Permadi (Jateng), Hanafi (pelatih fisik) , Jimmy Lantang (DKI Jakarta), Nurfitriyana (DKI Jakarta) dan Lilies Handayani (Jatim).

Menurut Iksan, untuk persiapan Olimpiade Jepang 2021 telah terjaring 4 atlet top nasional di putra ada Rio Ega, Arif Pangestu, Hendra Purnama dan M.Hanif Wijaya, sedangkan untuk putri Rezza Octavia, Linda Lestari, Titik Kusumawardani dan Diananda Choirunisa. Mengingat situasi covid maka The best four putra dan putri akan diseleksi lagi bersama sejumlah atlet yang akan dipanggil dalam waktu dekat. PB Perpani akan memanggil sejumlah atlet yang memenuhi kriteria untuk dilakukan seleksi secara offline di GBK. Seleksi terakhir ini untuk mendapatkan empat terbaik yang akan kita berangkatkan ke kejuaraan dunia di Perancis, sekaligus merebut tambahan satu tiket olimpiade yang tersisa.

Target emas yang dibebankan kepada PB Perpani rasanya wajar karena Panahan merupakan salah satu cabang olahraga prioritas yang diharapkan mampu mendulang medali di Olimpiade Tokyo. Iksan meyakini target tersebut bisa diraih karena semua atlet dan pelatih bertekad untuk menggaungkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Tokyo maupun di Sea Games Vietnam 2021.

Dengan keterbatasan waktu Iksan dan tim pelatih coba membuat program pelatnas yang padat dengan metode formasi 3-3-2 artinya ada 2 pelatih memegang masing-masing 3 atlet dan 1 pelatih memegang 2 atlet. Dengan pola seperti itu Iksan meyakini dapat mengukur kinerja pelatih dan pencapaian masing-masing atlet. Untuk diketahui setelah seleksi terakhir hanya 4 atlet putra dan 4 atlet putri yang dipersiapkan menuju Tokyo.

Sementara untuk Sea Games mengingat hampir semua negara terpapar pandemic maka Perpani hanya akan melakukan try in di daerah yang kira-kira atletnya sepadan dengan atlet Pelatnas, sehingga bisa menghasilkan the best atlet yang akan kitab bawa ke Sea Games. Terkait compound karena masih lama nanti bulan juli kita baru lakukan seleksi karena dari sisi kami tidak mau ada keraguan karena kemarin sifatnya seleksi online, karena itu nanti akan dipanggil 12 atlet sehingga total menjadi 16 atlet, tegas pengacara berdarah Makasar.