Kapolres Belu dan Dandim 1605/Belu Ajak Paslon Jaga Kondusifitas Pasca Pilkada

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh dan Dandim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro silaturahmi ke sekretariat dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu yakni Paket Sahabat dan Sehati, Jumat (11/12/2020) siang.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut, Danyon RK 744/SYB Letkol Inf. Alfat Denny serta Kasdim 1605/Belu Mayor Inf Ery Ninu serta para Pamen Kodim Belu dan Polres Belu.

Silaturahmi pasca usai pemungutan suara pada Pilkada Belu tanggal 9 Desember lalu sebagai upaya menjaga keamanan dan kondusifitas daerah Belu di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Selain itu juga bertujuan mengajak kedua paslon menjaga Kamtibmas di wilayah perbatasan Belu dengan Negara Timor Leste dimana mengimbau agar kedua Paslon tidak mengumpulkan massa atau melakukan pawai.

Dalam silaturahmi tersebut, Kapolres Belu serta Dandim Belu diterima oleh Paslon nomor urut 1 Willybrodus Lay dan J. T Ose Luan selanjutnya bertemu Paslon nomor urut 2 Agustinus Taolin dan Aloysius Hale Serens.

Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh meminta kepada kedua Paslon agar mendukung penuh pihak keamanan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dengan tidak melakukan kegiatan pengumpulan massa, baik sebelum maupun sesudah hasil keputusan dari KPUD Belu.

Selain mencegah gangguan kamtibmas, larangan pengumpulan massa kata Kapolres Belu bertujuan mencegah penyebaran covid-19 yang kenyataan sampai dengan hari ini belum mereda.

“Saat ini kita lagi pandemi covid-19. Kami minta kedua paslon supaya mengimbau simpatisannya agar tidak kumpul-kumpul dulu ataupun konvoi di jalan seperti yang baru-baru ini Kami bubarkan. Karena kerumunan massa dapat menciptakan bentrokan antar pendukung dan menyebabkan penyebaran covid-19,” ucap dia.

Lanjut Khairul, begitupun nanti pada saat penetapan dari KPU diharapkan tidak terjadi pengumpulan massa, baik merayakan kemenangan maupun dalam bentuk keberatan. Bilamana tidak puas dengan keputusan KPU, silahkan ajukan keberatan yang tentunya mengikuti aturan hukum yang berlaku.


Dijelaskan, dengan selesainya tahapan pemungutan suara kata Kapolres, tidak ada lagi kubu 01 dan 02. Semuanya harus bersatu padu untuk membangun Kabupaten Belu tercinta.

“Mulai sekarang semua harus saling merangkul. Apapun hasilnya, harus diterima dengan jiwa besar. Tentunya pelaksanaan pemungutan suara kemarin, patut kita syukuri dan banggakan,” ajak Khairul.

Tanbah dia, dari kampanye sampai dengan pungut suara hari rabu kemarin, berjalan dengan aman dan lancar.

“Mudah-mudahan Kita semua dapat menjaga situasi agar terus kondusif hingga pelantikan nanti dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutup Khairul dalam silaturahmi bersama dua Paslon.