Jelang “New Normal”, Pemkot Akan Surati Semua Pelaku Usaha Pariwisata

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Menjelang diterapkannya “new normal”, atau kehidupan baru pada 15 Juni 2020 mendatang, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata akan mengirimkan surat kepada semua tempat wisata dan tempat hiburan di Kota Kupang untuk kembali membuka tempat usaha masing-masing.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally kepada wartawan di Kupang.

Yanuar Dally mengatakan, prinsipnya, Pemkot Kupang akan menyesuaikan dengan aturan yang ada, karena memang saat penutupan semua tempat hiburan karena situasi darurat covid 19, semua tempat usaha disurati untuk menutup sementara.

” Pemerintah harus memberikan surat untuk menindaklanjuti surat yang diberikan kemarin, jika memang semuanya dinormalkan kembali pada tanggal 15 nanti,” ujarnya.

Dikatakan, jika memang dinormalkan kembali, maka tentu harus mengikuti semua instruksi tentang protokol kesehatan covid-19.

“Diantaranya menggunakan masker untuk setiap pengunjung dan wajib juga bagi semua karyawan, yang paling penting, semua karyawan juga sebelum membuka tempat usaha, wajib dipastikan bahwa semuanya bebas covid-19,” ungkapnya.

Dikatakan, memang untuk waktu pasti normal kembali, Dinas masih menunggu isntruksi Wali Kota Kupang, dan bagaimana mekanismenya, bagaimana penerapan normal yang baru.

Prinsipnya, kata Yanuar Dally, semua protokol kesehatan diikuti, adanya pengecekan suhu tubuh untuk setiap pengunjung yang masuk, wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan dan semua ruangan khusus di tempat hiburan dan hotel wajib menyemprotkan disinfektan di setiap ruangan.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II Kota Kupang, Esy Meliana Bire mengatakan, jika memang semua dinormalkan kembali, tentu normal dengan keadaan yang berbeda dari sebelumnya, normal dengan menggunakan masker, normal dengan lebih memperhatikan kesehatan.

“Tentu DPRD akan mendukung semua keputusan yang diambil oleh Pemkot Kupang, dan tentunya semua keputusan yang diambil sudah melalui kajian yang matang, sebagai DPRD tentu kita mendukung,” katanya.

Dia meminta agar Dinas Pariwisata benar-benar mengawasi semua tempat wisata agar memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan,” ujarnya. (ntt-ym))