Sementara Manggarai Bebas Covid-19, 3060 Pelaku Perjalanan Telah Discreening

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S.Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Hingga kini, total 3060 pelaku Perjalanan di kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dilakukan screening kesehatannya oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Manggarai, kata Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Ludovikus Demung Moa, kepada wartawan, Minggu, 19 April 2020.

Dari total itu, 1429 diantaranya telah menjalani masa isolasi mandiri, sedangkan 1631 lainnya masih dalam masa isolasi mandiri.

Namun, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 62 orang, dengan rincian, 43 orang masih dalam pemantauan, sedangkan 19 orang lainnya dinyatakan selesai pemantauan.

Sementara, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Positif Covid-19 tidak ada.

Dengan demikian, Lanjut Moa, sampai saat ini, kabupaten Manggarai masih terkategori aman sebagai daerah bebas Covid-19.

Diharapkannya, kondisi ini akan tetap bertahan sampai kasus ini benar-benar pulih dan Manggarai tetap pada posisi aman tidak terpapar.

“Kita harapkan Manggarai tetap aman sampai kapanpun, sampai benar-benar pulih. Kita tetap bebas covid,” imbuhnya.

Kepada seluruh masyarakat dan pelaku perjalanan yang baru tiba dari luar daerah, terutama daerah positif terpapar covid-19, agar tetap waspadah serta patuhi seluruh protap pemerintah dengan melakukan social distancing, tetap berdiam diri di rumah, tidak bepergian, rajin menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan membersihkan lingkungan, hindari kerumunan, jaga jarak aman, dan khusus bagi pemudik baru tiba dari luar daerah untuk patuhi isolasi mandiri 14 hari di rumah dan melaporkan secara berkala kondisi kesehatannya ke petugas kesehatan atau Tim Gugus Tugas C-19 di wilayahnya masing-masing, imbaunya.