Seleksi Pejabat Eselon II, Baru Dua Orang Yang Mendaftar

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Sampai saat ini, baru dua orang pejabat eselon III di lingkup Pemerintah Kota Kupang yang mendaftar untuk mengikuti seleksi pengisian jabatan eselon II. Dua nama yang sudah mendaftar yaitu, Halen Riwoe, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran, dia mendaftar di jabatan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Selain itu Juga ada nama Marlin Detaq, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) setda Kota Kupang, dia mendaftar di jabatan Kepala Dinas Pariwisata.

kepala BKPPD Kota Kupang, Ade Manafe, saat diwawancarai, Selasa (24/09/2019) mengaku, memang belum banyak yang mendaftar karena mungkin karena masih melengkapi semua pesyaratan yang ada. Selain itu, waktu pendaftaran juga dibuka sampai 30 September mendatang.

“Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, maka Pemerintah Kota Kupang membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Kupang yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi terbuka, maka mari gunakan kesempatan ini untuk karir kedepan,” katanya.

Dia menjelaskan, formasi yang dibuka yaitu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Perhubungan, kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kupang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dia menyebutkan, syarat yang harus dulengkapi, yaitu Pelamar berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Kupang yang memenuhi syarat.

Memiliki Pangkat atau golongan Ruang serendah-rendahnya Pembina (IV/a) per 1 April 2015. Pernah atau sedang menduduki jabatan Administrator (Eselon III-a) atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat 2 tahun.

“Sedangkan untuk jabatan Administrator (Eselon III-b) paling singkat 3 tahun. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara komulatif paling kurang selama 5 tahun,” terangnya.

Selain itu, kata Ade, pelamar juga harus memiliki jenjang pendidikan minimal Strata 1 (S1) dari semua disiplin ilmu, usia paling tinggi 56 tahun per 1 Desember 2019, Penilaian Prestasi Kerja PNS bernilai baik dalam 2 tahun terakhir, dan tidak ada unsur yang bernilai kurang.

Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat, tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980, maupun Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 dibuktikan dengan surat pernyataan dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan kejahatan jabatan atau yang berkaitan dengan jabatan, serta Sehat Jasmani.

Selain itu, kata Ade, tata cara lamaran, yaitu Surat Lamaran dan kelengkapan persyaratannya dimasukkan dalam amplop tertutup, ditujukan kepada panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kota Kupang, dengan melengkapi persyaratan.

“Jadi persyaratan yang harus dilengkapi yaitu semua persyaratan diserahkan dalam bentuk PDF di scan dan dicopi dalam flash atau compact disk, surat lamaran yang ditulis tangan dan ditanda tangani sendiri dengan tinta hitam bermaterai Rp. 6000, Pakta Integritas bermaterai Rp.6000, Foto copy Ijazah terakhir 1 lembar, Daftar riwayat hidup 1 lembar, Foto copy SK jabatan terakhir 1 lembar, Foto copy SK CPNS, PNS dan pangkat terakhir masing-masing 1 lembar,” katanya.

Selain itu, Foto copy Sertifikat Diklat Kepemimpinan yang dimiliki, Foto copy sertifikat diklat teknis maupun fungsional (apabila ada) 1 lembar, Foto copy Penilaian Prestasi Kerja PNS termasuk SKP dan Penilaian SKP tahun 2017, dan 2018 sebanyak 1 lembar, Fotocopy NPWP 1 lembar, Foto copy Pelunasan pajak tahun terakhir 1 lembar, Pasphoto terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar dengan latar belakang warna, merah, Asli Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah 1 lembar, Menyampaikan Visi, Misi dan Rencana Strategis Pengembangan Tugas Pokok dan Fungsi Unit organisasi yang jabatannya dilamar, minimal 15 halaman.

Ade mengaku, tahapan seleksi dimulai dari Seleksi Administrasi dan Rekam Jejak jabatan, Integritas dan Moralitas, Panitia Seleksi melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.