Dinkes Kota Kupang Lakukan Foging Di Wilayah Rawan DBD

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Upaya melakukan pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan melakukan pengasapan (Foging) di beberapa titik yang dianggap rawan DBD.

Foging yang dilakukan Dinas Kesehatan tersebut, salah satu upaya Dinas Kesehatan dalam penanganan dan pencagahan setelah ditetapkan status KLB DBD oleh pemerintah setempat pada 23 Januari 2019 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Ari Wijana melalui Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi mengatakan, upaya pencegahan dan penanganan DBD, selain pembagian abate ada juga foging fokus.

“Foging fokus ini telah dilakukan sebelum di ditetapkan KLB DBD, Dan untuk hari ini kami lakukan foging di Kecamatan Kalapa Lima yakni di Kelurahan Oesapa pada enam titik, yakni di RT 01, RT 02, RT 03, RT 09, dan RT 11 serta RT 19,” katanya, Jumat (8/2/2019).

Dikatakanya, foging yang dilakukan di enam titik ini, dinas meurunkan empat tim dengan jumlah mesin sebanyak 14 mesin.

“Selain pembagian abate dan foging fokus ini, kami juga terus menghimbau masyarakat guna terus melakukan gerakan 3 M plus,” ujarnya.

Dijelaskannya, sesuai data dinas untuk kecamatan Kelapa Lima di Kelurahan Oesapa masuk dalam grafik DBD tertinggi yakni minggu ke satu Januari hingga minggu ke lima per tanggal 1 Februari sebanyak 62 kasus.

“Dalam upaya pencegahan dan penanganan DBD ini secara grafik DBD perhari mengalami penurunan. Penurunan kasus DBD ini sesuai harapan dan perkiraan kami muda-mudahan akhir Februari sudah bisa stabil,” tuturnya.