Blanko E-KTP di Kota Kupang Masih Kosong

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – stok blanko E-KTP di Dinas Kependudukam dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang masih kosong, dampak dari itu, pihak Dispemdukcapil tidak bisa mencetak E-KTP bagi warga kota Kupang.

Demikian dikatakan Kadispendukcapil Kota Kupang, David Marts Mangi kepada wartawan di Kupang, Kamis (17/02/2019).

Menurutnya, atas kekosomgan Blangko E-KTP, pihaknya sudah usulkan ke Kementerian Dalam Negeri Dirjen Administrasi Kependudukan untuk menambah blanko untuk Kota Kupang, namun informasi yang diperoleh, blanko belum tersedia, sehingga masih harus menunggu,.

Mangi mengatakan, stok blanko memang belum tersedia di Kementerian, dan nantinya jika sudah tersedia barulah akan disampaikan kepada Dukcapil Kabupaten/Kota yang mengajukan permohonan blanko, agar dapat diambil di kementerian.

“Kami menunggu saja instruksi dari pusat. Memang saat ini pencetakan terhenti karena ketersediaan blanko tidak ada, masyarakat sudah kami jelaskan, bahwa ini memamg masalah pusat dan dialami semua daerah,” ujarnya.

Mangi mengaku, pencetakan E-KTP memang terhenti, namun perekaman data terus berjalan. Karena yang paling penting adalah data kependudukan itu terdaftar, selanjutnya barulah kepingan E-KTP, tentunya harus disesuaikan dengan kesanggupan blanko dari pusat.

“Pencetakan terus kami lakukan, lima server yang sudah tiba ini sementara disetting, nantinya akan ditempatkan di lima kecamatan agar dapat mempercepat proses pelayanan data kependudukan,” ujarnya.

Dia mengaku, sampai saat ini memang lima alat server baru belum dipasang di lima kecamatan yang telah disepakati lalu. Pasalnya, petugas dan staf masih disibukkan dengan persiapan Kartu Idenditas Anak (KIA) dan perekaman data E-KTP sebanyak-banyaknya.

“Petugas kami ada yang turun ke lapangan untuk mengejar ketertinggalan, kami upayakan agar dapat mengajak masyarakat yang belum rekam data E-KTP agar dapat dilayani sebanyak mungkin, karena ini merupakan instruksi pusat dan merupakan tugas Dukcapil,” ungkapnya.