Dinas PUPR Pertahankan Kontraktor Yang Mengerjakan Gedung Kantor Dispendukcapil

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas PUPR Kota Kupang masih mempertahakan PT Ditaputi Waranawa yang mengerjakan Gedung Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang.

“Alasan mendasar yang membuat kami mempertahankan kontraktor tersebut karena kami ingin gedung kantor tersebut dapat diselesaikan secepatnya, karena menyangkut pelayanan,” kata Sekertaris Dinas PUPR Kota Kupang Devi Loak kepada wartawan, Selasa (8/1/2019) di Kupang.

Devi Loak mengaku, meskipun realisasi fisik pekerjaan Gedung Kantor Dispendukcapil baru 10 persen, namun Dinas PUPR belum berniat memecat Kontraktor yang mengerjakan bangunan tersebut, karena pembangunan Kantor tersebut untuk pelayanan kepada masyarakat. Apalagi pihak kontraktor sudah berjanji akan menyelesaikan pekerjaan selama tiga bulan kedepan.

Menurutnya, jika Dinas PUPR mem-PHK kontraktor PT Ditaputi Waranawa, maka akan dilakukan lagi proses tender yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, demi efisiensi waktu dinas PUPR Mmemberikan adendum waktu pekerjaan selama 90 hari kedepan.

Devi mengaku, meskipun tidak mem-PHK PT Ditaputi Waranawa, namun akan didenda sebanyak 9 persen dari nilai kontrak sebesar Rp.3 miliar 838 juta. Bukan itu saja, kata Devi, pihak kontraktor juga harus mengerjakan pekerjaan itu hingga selesai dengan menggunakan uang sendiri sampai proyek selesai. Setelah selesai baru pemerintah membayarkan uang sisa dari nilai Kontrak Sebab sebelumnya telah dicairkan uang muka sebesar 20 persen dari nilai kontrak.

Devi Loak mengatakan, pembangunan Gedung Kantor Dispendukcapil, dianggarkan melalui APBD Murni tahun 2018. Sesuai rencana, pembangunan gedung tersebut direncanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan gedung lantai 1 yang seluruhnya adalah ruang pelayanan Administrasi kependudukan. sedangkan tahap dua adalah pembangunan ruang operasional.