TPID Kota Kupang Canangkan Kupang Green and Clean

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kelurahan Adipura Sadar Inflasi Menjadi Program Unggulan
Kupang, NTTOnlinenow.com – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Kupang menyelenggarakan pertemuan di Balai Kota, Selasa, (4/9/2018) guna membahas perkembangan inflasi dan strategi pengendalian inflasi akhir tahun 2018.

Rapat dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Kupang, Thomas Ga didampingi oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Muhammad Syahrial selaku Wakil Ketua TPID Kota Kupang dan dihadiri pula oleh seluruh Anggota TPID Kota Kupang.

Kegiatan rapat ini merupakan tindak lanjut dari Rakornas TPID pada tanggal 26 Juli 2018 di Jakarta dan HLM TPID Provinsi NTT yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2018.

Dalam sambutannya, Plh Sekda, Thomas Ga menyampaikan dan mengajak seluruh pihak, baik OPD maupun instansi lain untuk terus bekerja sama agar dapat terus mengawal program pengendalian inflasi di Kota Kupang.

Deputi Kepala Perwakllan Bank Indonesia Provinsi NTT, Muhammad Syahrial dalam paparannya menyampaikan, hingga bulan Agustus 2018, inflasi Provinsi NTT masih terjaga. Pada bulan Agustus, Provinsi NTT mengalami deflasi -0,45% (mtm) dan secara tahunan hampir sama dibandingkan inflasi bulan Agustus tahun sebelumnya.

“Di sisi lain, Kota Kupang sendiri mengalami deflasi -O,49% (mtm), lebih dalam dibandingkan deflasi bulan sebelumnya (0,19% mtm) sebagai pengaruh penurunan harga kelompok bahan makanan seperti padi, daging, ikan segar, sayuran & bumbu bumbuan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Muhammad Syahrial juga menegaskan, bahwa Kota Kupang memiliki peran penting untuk menjaga inflasi Provinsi NTT karena memiliki kontribusi yang besar yakni 86.4 persen.

Sebagai langkah nyata pengendalian inflasi di Kota Kupang, tercetus Kupang Green and Clean: Kelurahan Adipura Sadar Inflasi yang dicanangkan dalam HLM TPID Kota Kupang pada 3 Mei 2018 dan telah dilaunching oleh Wali Kota Kupang tanggal 17 Agustus 2018 sebagai program unggulan TPID Kota Kupang, dalam upaya pengendalran inflasi terutama komoditas hortikultura sekaligus mendukung Pemerintah Kota Kupang dalam upaya mendapatkan piala ADIPURA tahun 2018.

Program ini akan melibatkan rumah tangga untuk dapat lebih mengenal inflasi dengan menanam tanaman hortikultura untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Hadirnya hortikultura pada level rumah tangga diharapkan dapat menjadi buffer stock hortikultura ketika di pasaran mengalami kekurangan, sehingga harga komoditas tersebut dapat terkendali.

Selain itu, TPID Kota Kupang sepakat untuk melakukan penjajakan Kerja Sama Antar Daerah dengan beberapa Kabupaten di NTT, antara lain Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya guna memastikan pasokan komoditas utama, seperti cabai ke Kota Kupang.