Pekerjaan Proyek Infrastruktur Tahun 2018 Sudah Dipersiapkan Secara Baik

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, Devi Loak mengatakan, semua pelaksanaan program kegiatan tahun 2018 yang ditangani oleh Dinas PUPR pada empat bidang, yakni Bidang Cipta Karya, Bina Marga dan Pengairan serta Penataan Ruang, sudah diproses baik perencanaan hingga pelelangan dan persiapan pelaksanaan pekerjaannya.

Dikatakan, dari semua program kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR untuk pekerjaan jalan, jembatan, pengairan dan penataan ruang, sebagian sudah dikerjakan dan sisanya masih dalam proses.

Pasalnya ada kendala di lapangan yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan, seperti untuk pelaksanaan pekerjaan saluran irigasi, dimana masyarakat masih melakukan penanaman sehingga masih sangat menyulitkan penurunan material.

“Masyarakat di area tersebut meminta penundaan pekerjaan hingga usai panen. Kami masih menunggu dan diupayakan bisa segera dimulai,” jelas Devi.

Sementara untuk pekerjaan jalan dan jembatan, Devi katakan, pekerjaan jalan berkonstruksi lapen dalam proses tender dan segera selesai, hanya menunggu proses pemasukan penawaran oleh pihak ketiga.

“Kemungkinan minggu depan untuk pelaksanaan pekerjaan jalan lapen ini sudah bisa diumumkan dan tinggal proses pelaksanaan pekerjaan fisik. Untuk pelaksanaan program kegiatan pekerjaan gedung dan kantor baru selesai dilakukan perencanaan dan siap ditenderkan. Kami optimis walaupun dilihat dari sisi waktu masih ada item pekerjaan yang masih dalam proses, tapi semua item pekerjaan secara fisik bisa selesai tepat waktu,” ujar Devi.

Sedangkan untuk penataan ruang sesuai yang direncanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang yakni penataan kawasan Koridor V serta pembangunan eks Teluk Kupang sudah selesai proses perencanaan.

“Untuk kegiatan penataan Koridor V, perencanaan baru selesai. Selanjutnya akan dipresentasikan kepada DPRD, para pemerhati serta para tokoh yang mengetahui soal patung Tirosa, guna mendapat jawaban apa yang akan dilakukan nantinya sesuai dengan desain yang sudah ada. Dan untuk pekerjaan di eks Teluk Kupang sistemnya penunjukan langsung, sehingga masih dalam proses,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Dedy Fandoe selaku Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) pada Bidang Bina Marga.

Dia mengatakan, untuk pelaksanaan program kegiatan yang ditanganinya dalam pekerjaan jalan dan jembatan, untuk pelaksanaan pekerjaan jalan sudah diproses.

“Untuk pelaksanaan pekerjaan di Bina Marga ini secara progres keuangan sudah dilakukan pencairan uang muka,” sebut Dedy