Pelajar Di Atambua Kecewa Pemkab Batalkan Upacara Hari Lahir Pancasila

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Para pelajar SD, SMP dan SMA di Kota Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste kecewa lantaran upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tidak jadi dilaksanakan.

Sesuai pantauan NTTOnlinenow.com, Jumat (1/6/2018) para pelajar dengan mengenakan pakaian adat telah memenuhi halaman Kantor Bupati Belu untuk mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang dijadwalkan berlangsung di lapangan Kantor Pemkab Belu pukul 08.00 Wita.

Tampak, di sekitar kompleks Kantor Bupati sepi dan tidak ada aktivitas, hanya terlihat beberapa anggota Sat Pol PP yang sedang bertugas. Para pelajar dan guru pendamping pun mendapat pemberitahuan dari anggota Sat Pol PP bahwa upacara ditunda ke hari Senin tanggal 4 Juni.

Rencana upacara itu tidak dilaksanakan atau batal lantaran tidak ada komunikasi lanjut dari Pemkab Belu ke pihak sekolah sehingga membuat kecewa mereka. Akibat hal itu para pelajar dan guru langsung pulang.

Menurut salah seorang Guru pendamping yang enggan disebutkan namanya, berdasarkan surat edaran yang diterima, mereka diperintahkan oleh Pemkab Belu untuk mengikuti upacara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada Jumat, 1 Juni 2018 di Kantor Bupati Belu.

Meski upacara peringatan tersebut tidak dilaksanakan, tapi tidak ada konfirmasi atau penyampaian dari pihak Pemkab Belu tentang penundaan upacara tersebut ke sekolah.

“Surat edaran ke sekolah kami bahwa upacaranya hari ini. Tapi sampai pagi tadi juga tidak ada yang mengkonfir ke kita tentang penundaan,” ungkap dia.

Terpisah, Bupati Belu Willybrodus Lay mengaku tidak mengetahui bahwa pada Jumat, 1 Juni 2018 akan ada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Kantor Bupati Belu.

Dia mengaku tidak mengetahui akan surat edaran yang dikeluarkan dari Pemkab Belu untuk upacara peringatan salah satu hari nasional tersebut.

“Saat ini saya ada di Jakarta. Rasanya tidak ada perintah apel hari ini yang ada nanti hari Senin. Jadi saya tidak tahu,” ucap Lay.