Peringati Hari Armada, Lantamal VII Gelar Lomba Perairan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Meriahkan peringatan Hari Armada RI ke- 72 tahun 2017, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang menggelar Lomba Perairan yang diadakan di Pelabuhan Rakyat Namosain, Kota Kupang pada Selasa (28/11/2017).

Lomba yang digelar yakni dayung perahu naga, lomba renang dan lomba dayung tradisional perorangan yang mana acara ini dibuka oleh Komandan Lantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Dedi Suhendar.

Danlantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Dedi Suhendar dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, lomba dayung perahu naga, lomba renang laut dan lomba dayung tradisional perorangan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Armada RI tahun 2017.

Pada kesempatan itu, Brigjen Dedi Suhendar menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI/Polri, Instansi Pemerintah lainnya dan juga masyarakat atas kontribusinya dalam ikut serta memeriahkan lomba perairan ini.

“Wilayah kita adalah dua pertiga di dominasi lautan, lomba ini merupakan pencanangan GEMALA atau gerakan masuk laut, disamping itu juga untuk menjaring atlit dayung dan renang berprestasi di Kupang dan sebagai tolak ukur untuk kejuaraan besar berikutnya, ini juga sama dengan visi pemerintahan kita sekarang sebagai poros maritim dunia karena kekayaan laut kita yang melimpah,” ungkapnya.

Dia juga berharap, acara ini terus dilaksanakan setiap tahunnya agar dapat mempererat hubungan khususnya TNI AL dengan instansi lainnya dan juga masyarakat.

Dia menambahkan, pelaksanaan perlombaan ini selama dua hari tanggal 28-29 November 2017, dihari pertama dilombakan dayung perahu naga dan renang laut, untuk hari kedua akan diadakan lomba dayung tradisional dan pendaftaran peserta lomba dayung tradisional akan di tutup sampai besok pukul 10.00 Wita. Kesemua lomba olahraga perairan ini akan menempuh jarak 1000 meter.

Baca juga : Lembaga Penyiaran Perlu Kreatif Hadapi Tantangan Era Digitalisasi

Lomba dayung perahu naga ini diikuti 28 tim dan satu tim terdiri dari 12 orang. Untuk lomba dayung perahu naga, juara 1 dimenangkan oleh Tim Alorese dengan catatan waktu 04 menit 52 detik dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta ditambah lemari pendingin.

Juara 2 di menangkan dari Marinir Yonmarharlan VII dengan membawa hadiah sebesar Rp4 juta dengan catatan waktu 05 menit 07 detik. Juara 3 di menangkan oleh Yonif 743 dengan catatan waktu 05 menit 39 detik dan berhak membawa hadiah pembinaan sebesar Rp3 juta.

Sementara juara 4 diraih oleh NSB Nusantara dengan catatan waktu 05 menit 54 detik berhak membawa hadiah sebesar Rp1 juta.

Sedangkan untuk lomba renang, diikuti oleh 12 peserta kategori Putri dan 86 peserta kategori Putra. Untuk lomba renang putra, juara 1 dimenangkan oleh Papi Lababu dengan catatan waktu 13 menit 48 detik dan berhak membawa pulang uang sebesar Rp3 juta.

Untuk juara 2 dimenangkan oleh Deryl Lawehuku dengan catatan waktu 14 menit 18 detik dan berhak membawa pulang uang sebesar Rp2 juta rupiah, dan untuk juara 3 dimenangkan oleh Risky Agung dengan catatan waktu 15 menit 09 detik.

Sementara untuk kategori Putri, juara 1 dimenangkan oleh Nagida dengan catatan waktu 13 menit 37 detik dan berhak membawa pulang uang sebesar Rp3 juta, dan juara 2 dimenangkan oleh Danastri Galih Santia dengan catatan waktu 15 menit 27 detik dan berhak membawa pulang uang sebesar Rp2 juta, dan juara 3 di menangkan olah Febelyn Bire dengan catatan waktu 17 menit 50 detik dan berhak membawa pilang uang sebesar Rp1 juta.