GSC Berikan Pelatihan Jurnalis Bagi Warga Tasifeto Timur

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Generasi Sehat Dan Cerdas (GSC) memberikan pelatihan peningkatan kapasitas tentang pengembangan media komunitas bagi warga di wilayah Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Senin (20/11/2017).

Pelatihan jurnalis berlangsung di aula Kantor Camat Tastim dibawakan oleh Richi Anyan selaku wartawan Kilastimor.com salah satu media online lokal di tapal batas Belu dengan negara Timor Leste.

Dalam pelatihan itu Richi mengatakan, kunci dari menulis adalah menulis, bukan berpikir. Dirinya menyampaikan teknik reportase dan teknik penulisan berita. Baginya, menulis berita itu adalah sebuah proses menulis bukan berpikir.

“Jadi, untuk bisa berenang, orang harus berenang. Demikian halnya dengan menulis, untuk bisa menulis, orang harus menulis, bukan berpikir”, terang dia.

Dia meminta para peserta untuk menulis apa yang dilihat oleh mereka. Setelah menulis, barulah menilai ulang tulisan tersebut atau mengedit ulang tulisan tersebut. Hal ini dikatakan untuk mengatasi berbagai anggapan bahwa hal tersulit dalam menulis adalah memulai kalimat pertama.

Baca juga : Pariwisata Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

“Seorang jurnalis harus mampu menangkap berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnya. Setelah pelatihan ini, para peserta dapat pulang ke desanya masing-masing dan menulis berbagai hal yang terjadi di sekitarnya,” pinta dia.

“Jadilah bagian dari pembawa perubahan. Karena lewat menulis, kalian dapat merubah pikiran banyak orang untuk melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik,” tambah Anyan.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan pelatihan jurnalis perwakilan 12 desa yang ada di Kecamatan Tasifeto Timur. Adapun tujuan giat tersebut guna melatih para peserta menulis berbagai permasalahan sosial, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Selain itu juga bertujuan agar seluruh permasalahan dan prestasi dalan bidang pendidikan dan kesehatan dapat diketahui oleh khalayak umum lewat rencana buletin yang akan dibuat oleh mereka, karena nanti warga di kecamatan ini akan miliki buletin.