Jonas Salean Resmi Letakan Jabatan Walikota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Walikota Kupang masa bakti 2012-2017, Jonas Salean, secara resmi meletakan jabatannya sebagai Walikota Kupang, setelah masa jabatanya berakhir pada hari ini, 1/8/2017. Peletakan Jabatan Walikota Kupang Jonas Salean berlangsung di Lantai I, Balai Kota Kupang, dan Jabatan itu diserahterimakan kepada Pelaksana Harian (PLH) Walikota Kupang, yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Kupang Bernadus Benu.

Acara serahterima Jabatan itu, dihadiri Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskial Loudoe, Gubernur NTT Yang diwakili Asisten 1, Setda Provinsi NTT, Alexander Sena, Karo Tata Pem Setda NTT, Viktor Manek, bersama sejumlah undangan lainnya.

Jonas Salean dalam sambuatanya usai melakukan serah terimah jabatan kepada Sekertaris Daerah Kota Kupang selaku Pelaksana Harian mengatakan, dalam pelaksananan tugas sebagai kepala daerah dirinya telah langsung berjalan dan menetapkan program-program sesuai visi dan misi 2012/2017.

“ Dalam pelaksananan tugas, sesuai pengalaman kami sebagai birokrasi yang juga sebagai salah satu pelaku terbentuknya kota ini sebagi daerah otonomi tahun 1996, kami tahu persis apa yang harus lakukan untuk rakyat di Kota. Sehingga kurung waktu lima tahun, kita bahu membahu bersama para pejabat eselon dua, tiga, empat dan seluruh karyawan melayani warga kota ini,yang dimulai dari semua tingkatan baik dari tingkat RT/RW, LPM, dan para lurah dan camat serat kepala bagian dan seluruh perangkat daerah,” kata Jonas.

Oleh karena, Jonas berharap kepada pejabat yang baru, agar dapat berbuat lebih baik di kota ini,sesuai janji kampanye ini harus dilaksana kan dengan baik agar masyarakat percaya, sebab apa yang dibuat semua demi kepentingan rakyat.

“ Saya titipkan rakyat kota ini kepada Wakil Walikota yang telah terpilih kembali. Sebab beliau sudah tahu persis akan kota ini selama lima tahun, tinggal bagaimana Pak Herman bersama walikotanya yang melaksanakan tugas tersebut,” ungkap Jonas.

Baca juga : Pembukaan Copa NTT di Gor Ciracas Jakarta Timur

Selain itu, Jonas meminta, agar keutuhan diantara para ASN tetap terjaga. Karena dirinya sangat mengetahui keberadaan para ASN.Sebab ada ASN yang tidak puas dengan kebijakan dan latar belakang.Namun tentunya semua semoga tidak terjadi kepada kepemipinan yang baru.

Sementara itu Pelaksana Harian Walikota Kupang, Bernadu Benu mengatakan, sesuai peraturan perundangan yang berlaku, untuk mengisi kekosongan pemerintahan setelah habis masa jabatan, Wali Kota dan Wakil walikota, Sekretaris Daerah oleh Undang-Undang diberikan tugas, untuk melaksanakan tugassebagai Pelaksana Harian Walikota Kupang, sampai dengan dilantiknya walikota dan walikota terpilih periode 2017-2022.

Benu mengaku, sesuai fakta menunjukan bahwa selama lima tahun dalam pemerintahan yang dinakohdai oleh Walikota,Jonas Salean dan Wakil Walikota Herman Man, roda pemerintah di Kota Kupang baik berjalan dengan baik terutama di bidang pembangunan, bidang pelayanan kemasyarakatan, terjadi kemajuan yang pesat. hal ini tidak bisa dipungkiri lewat berbagai program-program inovasi selama lima tahun.

Oleh karena, Benu menyampaikan terimakasih yang tulus kepada bapak walikota dan wakil yang berkenan memimpin, membina, memberikan bagi daerah selama menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan yang di embani.

”Kami sadar, selama lima tahun banyak kekurangan, kami tidak maksimal dan tidak memberi yang terbaik, bagi bapak wali dan wakil walikota, karena memang terlepas dari itu, kami juga manusia. Kami punya sedikit kelebihan dan banyak kekurangan, untuk itu, jika dalam kebersamaan kita selam lima tahun ada sesuatu lewat tingkah laku, lewat pernyataan, lewat sikap, sebagai staf, ada sesuatu yang tidak berkenan di hati, dari tempat ini dengan tulus kami menyampaikan permohonan maaf,” kata Benu.