Diguyur Hujan Angin, Satgas Yonif 712/WT Melayani Warga Laktutus Dengan Hati

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Meski diguyur hujan dan angin kencang tidak mengurungkan semangat prajurit TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/Wiratama untuk berbagi kasih dengan warga di Laktutus, Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu, Rabu (12/7/2017).

Bertempat di halaman SDK Laktutus wilayah Timor Barat perbatasan Indonesia dengan negara Timor Leste, satuan asal Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara itu menggelar kegiatan bhakti sosial meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis dan pasar murah.

Dansatgas Yonif Raider 712/WT Letkol inf. Elvino Yudha Kurniawan mengatakan, rangkain kegiatan baksos yang digelar hari ini sebagai wujud TNI peduli warga di perbatasan. Sungguh luar biasa, walaupun diguyur hujan dan angin masyarakat di perbatasan Laktutus sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan yang kita lakukan ini sudah berjalan sebanyak lima kali, hari ini di Laktutus dan terimakasih pada masyarakat atas antusiasnya,” ujar dia dalam sambutannya.

Dijelaskan bahwa, seluruh kegiatan pengobatan gratis, karena itu masyarakat yang hadir manfaatkan dengan secara baik sehingga bisa berguna membantu mengurangi beban kehidupan pribadi masing-masing khususnya di bidang kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian TNI pada masyarakat perbatasan khususnya di kabupaten Belu. Selain melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan, kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan sesuai slogan kami siap melayani dengan hati,” terang Elvino.

Diharapkan, seluruh masyarakat Laktutus bisa manfaatkan keberadaan Satuan Yonif Raider 712/Wiratama di pos-pos perbatasan baik di bidang kesehatan, pendidikan dan sosial. Sebagai TNI ibu kandung kami masyarakat.

“Ke depan kita semakin kuat, tercipta ketenteraman dan kedamaian di antara kita semua dan semakin erat bergandengan tangan membantu kesulitana masyarakat di perbatasan,” pinta dia.

Mewakili Bupati Belu, Asisten II Setda Belu Yerem Taek menyampikan rangkaian baksos ini kaitan dengan semboyan melayani dengan hati dan mereka sudah tunjukan kehadiran mereka yang peduli dengan kehidupan sosial masyarakat di perbatasan Belu dan Timor Leste.

“Mari masyarakat semua memaknai ini sebagai suatu dorongan, motivasi untuk warga perbatasan sehingga pembangunan wilayah kecamatan lebih baik lagi. Manfaatkan pengobatan baksos secara gratis hari ini secara baik dan jangan takut dengan TNI karena mereka juga saudara kita,” ajak dia.

Camat Nanaet Duabesi Mic Bria menyampaikan ucapan terimakasih pada Satgas atas kepeduliannya melakukan kegiatan pengobatan gratis dan pasar murah bagi warga di perbatasan Laktutus, karena telah bantu mengurangi beban warga ekonomi rendah.

“Hari ini giat pelayanan medis secara gratis, sunatan dan pasar murah. Warga yang hadir manfaatkan moment hari ini dan kegiatan ini terus dilakukan agar memberikan pencerahan bagi wawasan masyarakat sehingga bisa berubah mental membangun daerah lebih baik ke depannya,” harap Bria.

Diabadikan NTTOnlinenow.com, selesai sambutan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis buku tulis dan buku pelajaran serta pakaiam layak pakai pada perwakilan masyarakat Laktutus yang diserahkan Dansatgas Yonif R 712/WT, Asisten II Belu, Camat Nanaet Duabesi dan Kapolsek Tasbar.

Turut hadir Danramil 06-Halilulik, Kasat Lantas Polres Belu, Perwira Satgas, Kapospol Laktutus, danpos Brimob Laktutus, Kades Fohoeka, Babinsa dan Babinpol.

Kurang lebih 200 masyarakat dari empat Desa dalam kecamatan itu mengikuti kegiatan pelayanan serta pengobatan massal secara gratis oleh tim medis Satgas, Rumkitban dan Puskesmas setempat.